7 Artis Indonesia yang Bangun Masjid, Nomor 4 Dikira Pindah Agama

Sarwendah Tan dan Ruben Onsu
Sumber :
  • IG @sarwendah29

VIVA Showbiz  – Ada beberapa artis Indonesia yang memutuskan untuk membangun masjid. Dari hasil jerih payahnya, sejumlah artis ini memutuskan untuk mengamalkan sebagian hartanya untuk membangun rumah ibadah bagi umat muslim. 

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Menariknya, ada artis non muslim yang turut menyisihkan pendapatannya dari dunia hiburan untuk membangun masjid. Sejumlah artis mendirikan masjid sebagai rasa kepedulian terhadap sesama dan bahkan untuk memenuhi nazar kepada Allah SWT. 

1. Nikita Willy

Ivan Gunawan Minta Maaf Bercanda Soal Pencabulan, Dibela Deddy Corbuzier

Nikita Willy dan Indra Priawan.

Photo :
  • Instagram/nikitawillyofficial94

Usai menikah dengan Indra Primawan, Nikita Willy sering kepergok berlibur sekaligus melakukan kegiatan sosial di tengah kesibukannya mengurus sang anak. Salah satu aksi sosialnya adalah membangun masjid di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. 

Ivan Gunawan Minta Maaf Usai Bercanda Soal Kasus Pencabulan: Saya Mengaku Salah

“Iya (membangun masjid). Di deket rumah sini,” ungkap Nikita ketika menjadi bintang tamu di acara Perspektif yang tayang pada tiga tahun lalu. Selain mendirikan masjid, dia juga membuat Taman Pendidikan Al Quran (TPA) gratis untuk 80 anak kurang mampu. 

2. Pevita Pearce

Pevita Pearce

Photo :
  • Instagram/pevpearce

Kepedulian artis Pevita Pearce terhadap sesama manusia lain memang terbilang tinggi. Sebab, rasa peduli tersebut membuat Pevita memutuskan untuk membangun sebuah masjid bersama sang ibunda di Flores, Nusa Tenggara Timur. 

“Mungkin, kalo aku sekarang lagi membangun masjid di Flores bersama mama aku juga. Dan aku juga di sini, ingin mengajak teman-teman aku juga ‘ayo bantuin, ngebangun, kita lagi mau bikin pager, kita mau bikin air bersih’,” tutur Pevita dikutip dari kanal YouTube Cumi-Cumi.

Diketahui, masjid tersebut dibangun di lahan milik sang ibunda. Selain itu, pemain film Sri Asih tersebut juga mengaku mempunyai rencana untuk membangun yayasan yatim piatu. 

Ivan Gunawan.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi.

Desainer kenamaan Ivan Gunawan juga turut mengamalkan sebagian hartanya untuk membangun masjid di Uganda, Afrika. Sebab, pembangunan masjid tersebut dilakukan oleh sang artis guna memenuhi nazarnya kepada Allah SWT. 

“Kan aku memang masih punya utang sama Allah kan. Aku kan tadinya mau bangun masjid di Garut kan mam. (Masjid di Garut) gajadi karena kan ternyata tanahnya itu bermasalah,” tutur Ivan, dikutip dari kanal YouTube Maharani Kemala.

Ruben Onsu

Photo :
  • instagram.com/ruben_onsu

Meski menganut agama non muslim, tapi presenter Ruben Onsu juga memperlihatkan rasa toleransinya dengan merenovasi dan membangun sebuah musala yang hampir rubuh di kawasan Cikidang, Sukabumi. Dia mengaku senang bisa membangun musala dan berharap supaya rumah ibadah yang sudah direnovasi membuat masyarakat rajin beribadah. 

“Mudah-mudahan masyarakat yang ada di sini makin rajin ibadahnya ya, makin deket gitu ya, dan saya hanya titip dijaga baik-baik,” kata Ruben seperti dikutip dari kanal YouTube The Onsu Family, pada Rabu, 1 Januari 2022. 

5. Dewi Perssik

Dewi Perssik

Photo :
  • IG @dewiperssik9

Pedangdut Dewi Perssik juga membangun musala di kampung halamannya berada di Jember, Jawa Timur. Pembangunan masjid ini ditujukan sebagai rasa cinta untuk mendiang ayahnya. Musala ini diberikan nama dengan sebutan Musala Adil sesuai nama almarhum ayahnya, Mochammad Adil. 

“Karena memang waktu itu pernah janji sama almarhum papi saya, bahwa ‘inshallah nanti makamnya saya bikin cantik ya, pi. Kalau misalkan eneng ada rejeki, eneng mau bikin musholla’, kita awalnya musholla dulu baru kita bikin masjid,” ucap Dewi, dikutip dari kanal YouTube iSeleb.

6. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani

Photo :

Meski sering dipandang mencari sensasi dengan rekan sesama artis, Nikita Mirzani juga turut menyisihkan sebagian hartanya untuk membangun masjid. Diketahui, Nikita membangun rumah ibadah untuk umat Islam tersebut di Bandung dan Yogyakarta. 

Ibu tiga anak itu mengungkapkan bila kegiatan sosialnya memang sengaja dia tidak bagikan di media sosial karena dia tidak memerlukan validasi kebaikan dari orang lain mengenai dirinya. 

7. Teuku Wisnu

Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu

Photo :
  • IG @shireensungkar

Aktor Teuku Wisnu juga turut mendirikan masjid di kawasan Bogor, Jawa Barat. Hal ini tampak dari unggahan akun Instagram sang artis yang tengah memperlihatkan detail dari model bangunan Masjid Zaid bin Haritsah. 

Diketahui, masjid ini adalah impian dari suami Shireen Sungkar bersama kerabatnya. Pembangunan masjid ini menjadi fasilitas tambahan yang sebelumnya ada Pesantren Tahfidz Qur’an. Aktor 37 tahun itu berharap masjid ini jadi tempat ibadah untuk warga dan musafir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya