Keluarga Benedict Cumberbatch Dituntut Ganti Rugi Atas Kasus Perbudakan

Doctor Strange in the Multiverse of Madness.
Sumber :
  • Marvel Studios

VIVA Showbiz – Aktor nominasi Oscar dan bintang Sherlock Holmes, Benedict Cumberbatch dan keluarganya kini tengah berhadapan dengan pemerintah Barbados.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Pemeran Doctor Strange dalam film Marvel tersebut dan keluarganya mungkin menghadapi tuntutan ganti rugi keuangan dari pemerintah Barbados dalam beberapa bulan mendatang, karena pejabat pemerintah mulai mencari reparasi dari mantan keluarga pemilik perkebunan. 

Setelah secara resmi menjadi republik pada tahun 2021, mematahkan 396 tahun kendali monarki Inggris atas pulau itu, pejabat pemerintah Barbados mulai mencari reparasi dari keturunan keluarga pemilik perbudakan dan pemilik perkebunan. 

Berseteru, Ruben Onsu ke Jordi Onsu: Mau ke Mana Pun yang Bakal Nolong Bukan Temen Tapi Saudara!

Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Photo :
  • Marvel Studios

Melansir The Telegraph, kakek buyut ketujuh Cumberbatch membeli perkebunan negara Cleland di sisi utara pulau itu pada tahun 1728, dan memegang kepemilikan sampai perbudakan dihapuskan di Barbados pada tahun 1834. Perkebunan Cleland dikatakan telah menjadi rumah bagi 250 orang yang diperbudak dan menjadi sumber kekayaan "kecil" keluarga Cumberbatch.

6 Artis Ini Bertengkar dengan Keluarga Sendiri, Ada yang Belum Damai Sampai Sekarang

Bulan lalu, pemerintah Barbados mengumumkan rencananya untuk mengejar reparasi dari anggota konservatif Parlemen Inggris, Richard Drax, yang mewarisi perkebunan terbesar di pulau itu, Drax Hall. Perkebunan gula di sisi selatan pulau adalah satu-satunya perkebunan yang masih ada dalam keluarga pemilik aslinya.

Pejabat Barbados telah mendesak Drax untuk menyerahkan tanah itu kembali kepada pemerintah. Jika Drax menolak, Barbados akan meminta kompensasi dari pengadilan arbitrase internasional. 

Jika Barbados menang di pengadilan, itu akan menjadi preseden yang memungkinkan pemerintahnya mencari reparasi dari keturunan pemilik budak kaya lainnya, seperti Cumberbatch. The Telegraph melaporkan minggu ini bahwa sekretaris jenderal Gerakan Perdamaian dan Integrasi Karibia, David Denny. 

Orang tua Benedict Cumberbatch

Photo :
  • The Mirror

“Setiap keturunan pemilik perkebunan kulit putih yang mendapat keuntungan dari perdagangan perbudakan harus diminta untuk membayar ganti rugi, termasuk keluarga Cumberbatch," 

Meskipun keluarga Cumberbatch tidak lagi memiliki perkebunan Cleland, jumlah yang mereka terima saat perbudakan bekum dihapuskan bernilai sekitar $1 juta dalam bentuk poundsterling Inggris.

“Uang itu harus digunakan untuk mengubah klinik lokal menjadi rumah sakit, mendukung sekolah lokal, dan memperbaiki infrastruktur dan perumahan,” kata Denny tentang potensi penggunaan reparasi keluarga Drax.

Richard Drax

Photo :
  • The Guardian

Cumberbatch telah menghadapi kontroversi keluarga sebelumnya, pernah mengungkapkan bahwa ibunya menasihatinya untuk tidak menggunakan nama aslinya karena takut klaim reparasi. 

Aktor tersebut telah bercerita di masa lalu bahwa dia mengambil perannya sebagai pemilik perkebunan dalam film 12 Years a Slave untuk menebus masa lalu keluarganya.

Wakil ketua komisi reparasi nasional Barbados, David Comissiong, bersikeras bahwa permintaan reparasi akan berlanjut untuk beberapa waktu. 

Ketika ditanya apakah pemerintah Barbados memiliki rencana pasti untuk mengambil tindakan hukum terhadap keluarga Cumberbatch, Comissiong mengatakan, “Ini masih pada tahap paling awal. Kami baru saja mulai. Banyak sejarah yang baru benar-benar terungkap sekarang.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya