Blak-blakan, Tiko Ungkap Awal Masalah Kesehatan Mental Sang Ibunda

Tiko
Sumber :
  • YouTube Ngobrol Asix

VIVA Showbiz – Belum lama ini, media sosial diramaikan dengan kondisi rumah mewah yang terbengkalai di kawasan Cakung Jakarta Timur. Rumah tersebut diketahui ditinggali oleh sosok wanita bernama ibu Eny dan anaknya Tiko.

Pasal Tembakau di RPP Kesehatan Dinilai Ancam Pelaku Usaha dan Budaya Indonesia

Keduanya tinggal di rumah tersebut dengan kondisi tanpa adanya listrik dan air. Tak sampai di situ yang membuat ramai sorotan para pengguna media sosial adalah kondisi kesehatan ibu Eny yang tak stabil.

Ibu Eny diketahui mengalami gangguan jiwa sejak beberapa tahun silam. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

4 Tahap Memaafkan, Penting Agar Rasa Marah Tidak Sampai Mengganggu Kesehatan

Ramainya cerita mengenai sosok Tiko menggetarkan hati penyanyi Ashanty untuk mengundangnya dan dapat membagikan kisah hidupnya. Tiko juga menjelaskan secara detail bagaimana kondisi sang ibu hingga akhirnya mengalami penurunan seperti saat ini.

Melalui channel YouTube Ngobrol Asix, Tiko bercerita bahwa awal mula kondisi kesehatan sang ibu menurun saat kedua orang tuanya berpisah di tahun 2010 lalu.

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

Tiko

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube Rumpi

"Tahunnya (cerai) kapan aku lupa cuman seingetku papa sama mama pisah di 2010. Sebelum itu harmonis, hidup berkecukupan, sebelumnya orang berada, saudara-saudara berkumpul. Namun karena masalah apa taunya mama papa pisah di tahun 2010," ungkap Tiko..

Lebih lanjut, kondisi sang ibu mengalami penurunan drastis di tahun 2011 lalu. Karena kondisi itu pula Tiko mau tak mau harus meninggalkan pendidikannya dan fokus untuk bekerja dan merawat sang ibu.

"Papa pisah sama mama, mama kegiatannya bikin gorengan, kue-kue kondisi baik-baik. Dari situ aku keliling komplek jualan,” ujar Tiko..

“Sampai akhirnya kurang dari setahun berhenti menurun kesehatannya, akhirnya gunakan tabungan mama untuk kehidupan sehari-hari. Tabungan itu lama-lama habis, otomatis aku harus cari kerja waktu itu aku masih SMP saat itu," lanjutnya.

TIKO

Photo :
  • Tangkapan Layar

Karena kondisinya tersebut, hingga akhirnya di tahun 2015 lalu dia dan sang ibu harus menjual semua peralatan yang ada di rumahnya.

"Di 2015 sudah mulai jual perabotan dan benar enggak ketolong, di situ aku jadi security. listrik dicabut, enggak lama mama papa pisah di tahun 2011 listrik bersamaan air dicabut ya kondisi rumah tanpa listrik dan air," ucap Tiko.

Dengan kondisi yang serba tak memungkinkan itu, ternyata tetangga Tiko masih banyak yang mempedulikannya.

Dia dan sang ibu diketahui mendapatkan pasokan air dari tetangga. Sementara untuk listrik sendiri sang ibu memilih tidak mau menggunakan listrik.

Kisah Tiko merawat ibunya yang gangguan jiwa di rumah mewah terbengkalai

Photo :
  • Instagram @memomedsos

"Tetangga peduli di sebelah rumah kalau ada air seember. Kalau listrik penerangan pakai lilin mama enggak mau urus listrik, tetangga nawarin bantuin listrik tapi mama enggak mau entah kenapa karena di situ kesehatan mentalnya sudah menurun," jelasnya.

Ketika ditanya alasan sang ibunda tidak mau menggunakan listrik. Tiko mengaku tidak tahu secara detail alasan tersebut.

"Enggak tau sampai sekarang (alasannya) tapi sampai sekarang terbiasa gelap mengurung diri di rumah ya. Kalau untuk penerangan aku pakai flashlight hp itu mama pasti marah," ujar Tiko.

Tiko Menelpon Puri

Photo :
  • Tangkapan Layar

Diungkap Tiko sang tetangga juga sempat menawarkan bantuan untuk listrik namun sang ibunda menolak. Hal itu juga membuat Tiko mau tak mau harus mengikuti keinginan sang ibunda.

"Tetangga mau memberi enggak mau. Aku udah diskusi sama mama bayar listrik, air, kalau bahas itu mama sensitif jadi aku pasrah ikutin mama aja. (Kenapa ikutin mama) aku tuh pikir mama udah berumur yaudah ikutin apa mau mama," tutur Tiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya