Gaun Ungu Legendaris Putri Diana Akan Dilelang, Harga Mulai Dari Rp1,2 Miliar

Gaun legendaris Putri Diana yang akan dilelang
Sumber :

VIVA Showbiz – Mendiang Putri Diana memang terkenal jadi salah satu anggota kerajaan Inggris yang fashionable dan selalu berpakaian dengan baik. Banyak outfit-outfitnya yang menjadi inspirasi banyak orang, mulai dari gaun hingga pakaian sehari-hari. 

Maternity Photoshoot, Mpok Alpa Tampil Menawan

Nah, salah satu gaun legendaris yang pernah dikenakan mantan istri Raja Charles III tersebut adalah gaun beludru ungu yang ia pakai dalam dua potret tahun 1991 dan selama pemotretan Vanity Fair tahun 1997 akan dilelang di Sotheby pada 27 Januari di New York. 

Gaun "langka" nan mewah itu diperkirakan bernilai antara $80.000 (Rp.1,2 milliar rupiah) hingga $120.000. Gaun itu adalah rancangan desainer Victor Edelstein tanpa tali yang merupakan bagian dari koleksi desainer musim gugur 1989 dan menampilkan garis leher kekasih dan detail bengkok yang terkumpul di bagian dada bersama dengan rok penuh bergaya tulip.

Mengungkap Asal Usul Tas Hermes Birkin yang Jadi Ikon Mode Dunia

Gaun legendaris Putri Diana yang akan dilelang

Photo :
  • Smithsonian

Desain Edelstein diabadikan dalam dua potret tahun 1991: yang dilukis oleh mantan suami Putri Margaret, Lord Snowdon, dan satu lagi lukisan karya seniman Inggris Douglas Hardinge Anderson, yang kini digantung di Rumah Sakit Royal Marsden di London. 

Mobil Honda Jadi Favorit Pecinta Diecast

Diana kemudian mengenakan gaun itu untuk pemotretan formal terakhirnya sebelum kematiannya pada tahun 1997, dengan rok ungu yang ditampilkan dalam foto oleh Mario Testino yang disertakan dalam Vanity Fair menyebar tentang kehidupan pasca-perceraiannya.

Kinsey Schofield, pendiri ToDiForDaily.com, mengatakan kepada Page Six Style bahwa lelang tersebut adalah “kesempatan langka” bagi penggemar fashion kerajaan.

“Semakin sulit bagi kolektor independen untuk mendapatkan pakaian Diana, jadi ini adalah penemuan yang luar biasa,” kata komentator kerajaan.

Gaun legendaris Putri Diana yang akan dilelang

Photo :

“Victor (Edelstein) adalah bagian integral dari transformasi Diana dari guru sekolah muda menjadi simbol seks,” tambahnya. "Gaun khusus ini, beludru ungu tua dengan korset melengkung, terasa sangat modern dan lebih maju dari zamannya."

Menariknya, terakhir kali karya itu terjual, itu sebenarnya dilelang oleh mendiang bangsawan itu sendiri.

Menurut Sotheby's, gaun itu disertakan dengan 79 lainnya dalam lelang Diana tahun 1997 untuk menguntungkan dua badan amal, AIDS Crisis Trust dan Dana Kanker Rumah Sakit Royal Marsden, dan diambil $24.150 pada saat itu (sekitar $44.800 dalam dolar hari ini).

Ini bukan satu-satunya lelang Diana bertema ungu yang berlangsung di rumah lelang terkenal bulan ini. Kalung salib amethyst yang sangat besar yang dikenakan oleh mendiang bangsawan itu, termasuk dalam penjualan tahunan Royal and Noble Sotheby di London, dan para ahli mengatakan bahwa liontin yang berkilauan itu bisa mencapai harga US$500.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya