Elvis Presley dan Lisa Marie Wafat Akibat Serangan Jantung, Risiko Penyakit Keluarga?

Lisa Marie Presley.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Showbiz – Kabar wafatnya Lisa Marie Presley, anak mendiang Elvis Presley, masih membawa duka bagi dunia. Lisa Marie Presley sempat dirawat di rumah sakit setelah serangan jantung yang diduga menjadi penyebabnya meninggal dunia.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Sementara penyebab resmi kematiannya masih belum diketahui, Lisa Marie Presley ternyata memiliki riwayat keluarga penyakit jantung dari generasi ke generasi. Seberapa berbahaya dan berisikokah riwayat penyakit keluarga ini?

Dikutip laman People, Lisa Marie Presley dirawat di rumah sakit setelah serangan jantung dan meninggal dunia keesokan harinya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Penyebab resmi kematiannya masih belum diketahui, namun sambil menunggu laporan toksikologi, terungkap bahwa mendiang memiliki riwayat keluarga dengan masalah jantung yang mungkin menjadi faktor penyebabnya.

Lisa Marie Presley.

Photo :
  • AP Photo
Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Ayahnya, Elvis Presley, meninggal pada usia 42 tahun pada 16 Agustus 1977, saat Lisa Marie berusia 9 tahun.

Penyebab kematian Elvis, yang dilaporkan oleh The Washington Post saat itu, adalah karena aritmia jantung dengan fibrilasi ventrikel, yang berarti jantung berdetak tidak normal kemudian berhenti.

Ada tiga faktor yang awalnya dikutip dalam kematiannya termasuk pembesaran jantung, penyumbatan arteri koroner dan tekanan darah tinggi. Mendiang juga memiliki kecanduan opiat yang diduga kuat menyebabkannya meninggal dunia.

Lisa Marie Presley

Photo :
  • www.fanpop.com

Ibu Elvis, Gladys Love Presley, juga meninggal pada usia 46 tahun karena gagal jantung pada tahun 1958. Dan Vernon Presley, kakek Lisa Marie, meninggal karena serangan jantung pada usia 63 tahun pada tahun 1979. 

Meskipun gagal jantung dan henti jantung tidak sama, keduanya dapat berakibat fatal.

Gagal jantung menunjukkan bahwa jantung tidak memompa darah sebanyak yang dibutuhkan tubuh, sedangkan serangan jantung berarti jantung berhenti berdetak.

Memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga Anda membuat Anda lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung di masa depan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Elvis Presley

Photo :

Banyak jenis penyakit jantung yang bisa diturunkan dalam keluarga. Menurut Mayo Clinic, riwayat penyakit jantung dalam keluarga meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, terutama jika orang tua mengidapnya sejak usia dini.

Dalam beberapa kasus, penyakit jantung di usia muda bisa menjadi tanda hiperkolesterolemia, kelainan genetik penyebab kolesterol tinggi.

Penting untuk mengumpulkan riwayat kesehatan keluarga untuk menentukan apakah seseorang lebih berisiko terkena penyakit jantung. Jika Anda menyadari risikonya, Anda mungkin dapat mengatasi masalah tersebut, menurut Penn Medicine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya