Kabar Duka, Pendiri Teater Koma, Nano Riantiarno Meninggal Dunia

Nano Riantiarno
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Seniman, aktor, pendiri dan surtradara Teater Koma, Nano Riantiarno meninggal dunia pada Jumat, 20 Januari 2023. Hal ini seperti informasi yang diunggah seniman Butet Kartaredjasa dalam akun Instagram @masbutet.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

"SUMANGGA GUSTI. selamat jalan sahabat dan guruku, Mas Nano Riantiarno," tulis Butet yang diiringi banyak emoji menangis.

Butet mengunggah foto bersama mendiang saat sedang sakit. Seperti diketahui, Nano Riantiarno sempat menjalankan operasi pengangkatan tumor pada November 2022 silam. Keadaannya sempat membaik.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Namun kondisi kesehatannya kembali menurun dan dibawa  ke RS Dharmais. Kala itu, kankernya sudah menjalar ke paruparu. 

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Nano Riantiarno merupakan pendiri Teater Koma pada 1 Maret 1977. Seniman legendaris itu juga dikenal sebagai aktor, penulis, sutradara, serta wartawan.

Mendiang Nano sudah aktif di teater sejak 1965 di kota kelahirannya, Cirebon. Nano juga telah meraih berbagai penghargaan. Pada 1993, ia mendapat Hadiah Seni, Piagam Kesenian dan Kebudayaan dari Departemen P&K, atas nama Pemerintah Republik Indonesia.

Pendiri dan Sutradara Teater Koma Nano Riantiarno (Tengah)

Photo :
  • ANTARA

Kemudian pada 1998 Nano menerima Penghargaan Sastra dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Di tahun yang sama, mendiang meraih Sea Write Award dari Raja Thailand di Bangkok atas karyanya Semar Gugat.

Setahun kemudian ia mendapat Piagam Penghargaan sebagai Seniman dan Budayawan Berprestasi dari Menteri Pariwisata dan Budaya.

Selain itu, ia sudah banyak menulis sandiawara pendek, puisim novel dan naskah film. Selamat jalan Nano Riantiarno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya