8 Artis yang Menjadi Pejabat Daerah, Ada yang Dibekuk KPK hingga Mengundurkan Diri

Sahrul Gunawan dan Hengky Kurniawan, dua artis yang jadi wakil bupati
Sumber :
  • Ist

VIVA Showbiz – Ada beberapa artis Indonesia yang menjadi pejabat daerah menarik untuk diperbincangkan. Mereka diketahui menjabat sebagai kepala daerah di berbagai tingkat, mulai dari bupati hingga gubernur. Ada juga yang menjadi kepala atau mendampingi sebagai wakil. 

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

Kiprah artis di dunia politik ini tidak sepenuhnya mulus. Karena, ada sejumlah artis yang berhenti di pertengahan, entah ditangkap KPK atau mengundurkan diri karena tidak bisa mengemban amanah. Nah, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Sahrul Gunawan

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Sahrul Gunawan

Photo :
  • instagram.com/sahrulgunawanofficial/

Sahrul Gunawan yang merupakan aktor kenamaan Tanah Air terpilih sebagai Wakil Bupati Kabupaten Bandung sejak tanggal 20 Maret 2021. Sahrul diketahui mendampingi Dadang Supriatna yang menjabat sebagai Bupati Bandung. 

Cerita Ahok Punya Ide Sediakan Makan Siang Gratis di Balai Kota DKI Buat Warga Tak Mampu

2. Lucky Hakim

Ketua Umum PSSI Indramayu, Lucky Hakim mengundurkan diri.

Photo :
  • VIVA/Opih Riharjo

Lucky Hakim menjadi Wakil Bupati Indramayu pada 2021. Ia mendampingi Nina Agustina sebagai Bupati. Tapi, baru-baru ini Lucky Hakim mengundurkan diri sebagai pendamping Nina. Lucky Hakim mengaku tidak mampu mengemban amanah. 

3. Rano Karno

Anggota DPR Rano Karno.

Photo :
  • Istimewa

Melalui Keputusan Presiden Nomor 78/P/2015, Rano Karno dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Banten di sisa masa jabatan periode 2012-2017. Dia naik dari wakil menjadi gubernur setelah Gubernur Banten sebelumnya, Ratu Atut Chosiyah, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. 

4. Dede Yusuf

Ketua DPP Partai Demokrat, Dede Yusuf.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Pemilik nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi ini sudah malang melintang di dunia politik Tanah Air. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat yang berpasangan dengan Ahmad Heryawan di periode 2008-2013. 

Eks Wagub Jabar, Deddy Mizwar

Photo :
  • VIVAnews/Edwin Firdaus

Aktor kawakan Deddy Mizwar juga sempat menjadi pejabat daerah. Deddy Mizwar diketahui menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat yang menang dalam Pilkada Jabar 2013. Dia mendampingi Ahmad Heryawan sebagai gubernur Jabar. 

Pasha Ungu

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Pasha Ungu menjadi Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah pada tahun 2016. Ia menjadi wakil dari Hidayat yang menjadi wali kota. Namun, Pasha Ungu kemudian menjadi pelaksana tugas Wali Kota Palu pada tahun 2020 lalu. 

Pelaksana Tugas Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, usai bersaksi dalam kasus suap bansos COVID-19 dengan terdakwa Bupati nonaktif Bandung Barat Aa Umbara di Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Bandung, Rabu, 25 Agustus 2021.

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Hengky Kurniawan pada awalnya menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2018. Namun, pada tahun 2022, ia menjabat sebagai bupati karena bupati sebelumnya, Aa Umbara ditangkap KPK. 

Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola meninggalkan gedung KPK seusai diperiksa di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar dan kemudian terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi untuk periode 2016-2021. Namun, pada Februari 2018, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap RAPBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 oleh KPK. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya