Denny Darko Rancang Instalasi Seni Rubik Ant-Man Senilai Rp70 Juta

Denny Darko raih rekor MURI.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA Showbiz – Denny Darko kembali menyuguhkan karya yang tak biasa dengan menunjukkan instalasi seni wajah dari kotak rubik. Tak main-main, pesulap berusia 45 tahun itu menghabiskan dana hingga Rp 70 juta demi merancang instalasi seni wajah dari rubik yang terinspirasi tokoh film Marvel, Ant-Man.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Denny Darko sendiri merupakan seniman yang menggeluti banyak sekali bidang seni seperti seni pasir, sulap, dan lain sebagainya. Salah satu bidang seni yang menjadi fokusnya sekarang adalah Seni Kubus Rubik. Seni Kubus Rubik inilah yang Denny Darko pilih untuk karya terbarunya yang terinspirasi dari karakter Scott Lang, Hope Van Dyne, dan Kang The Conqueror. Instalasi seni ini dibuat dengan kolaborasi dengan pelaku seni lainnya, Chintya Keirayuki atau akrab dipanggil Keira.

Denny Darko raih rekor MURI.

Photo :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri
Terpopuler: Ramalan Denny Darko Soal Sandra Dewi-Harvey Moeis, Zara Anak Ridwan Kamil Lepas Hijab

"Ini (instalasi seni rubik) bukan kami yang ciptakan di awal. Di indonesia suda ada tapi nggak sebesar ini. Ide awalnya karena Marvel, MCU berasal dari komik. Komik budaya tahun 90-an, saya ingin tuangkan ini (budaya komik) muncul di masa itu ada saat ini," kata Denny Darko ditemui di Gandaria City Mall, Jakarta, Jumat 17 Februari 2023.

Dengan 1.705 kubus rubik, Denny berhasil menggambarkan tiga karakter ini lewat medium yang unik. Karya seni ini pun berhasil memecahkan rekor MURI sebagai karya seni dari kubus rubik terbanyak di Indonesia.
 
"Total 1.705 rubik. Ke kiri-kanan 55, atas-bawah 31 rubik. Bukan stiker dipindah-pindah, ini real rubik, jadi kalau dicopot masih bisa digunakan," ujar Denny Darko.

Ramalan Denny Darko: Kemungkinan Sandra Dewi dan Harvey Moeis Siap Hadapi Masalah Korupsi

Ada pun Denny Darko mengaku cukup sulit untuk bisa menyatukan tiap warna rubik hingga menghasilkan sebuah seni yang membentuk wajah. Bahkan, Keira sendiri sampai harus terjangkit tipus lantaran memforsir tenaga demi merancang instalasi seni ini.

"Menyatukan warna. Saat kita muter rubik, kalau muternya salah, akan beda warnanya. Kesulitan yang lain tentu saja stamina, 4 hari yang lalu Keira ini sempat sakit tipes. Ini memaksakan diri untuk bisa hadir. Itu jadi tantangan," tambahnya.

Dijelaskan Denny Darko, membentuk instalasi seni dari rubik memberi tantangan tersendiri baginya dan Keira. Meski tak menutup mata untuk harga yang harus dibayar, walau pada akhirnya meraih rekor MURI yang memberi kepuasan tersendiri.

Denny Darko

Photo :
  • IG @_dennydarko_

"1 rubik terpisah. Harganya 20-30 ribu per satu rubik. Diluar tenaga, harus buat frame juga. Kalau 1700 rubik aja, hampir 60jt. Mungkin ini sekitar Rp 70 jutaan," tambahnya.

Diakui pesulap lulusan ITB ini, persiapannya memakan waktu yang tidak sebentar dengan langkah yang betul-betul teliti dengan total 18 bulan. Rubik yang dipersiapkan harus dalam jumlah besar namun produk asal China sehingga sempat terkendala pengirimannya di momen Imlek beberapa waktu lalu.

"Ini perlu (rubik) dalam jumlah besar dan made in China, karena Imlek jadi pengirimannya ahmgak terhambat. Jadi total (pengerjaan) 21 jam, terpecah di beberapa hari. Diskusi dan cari gambar di luar itu (total waktu)," tambahnya.

Menutup sesi wawancara, Denny Darko rupanya memiliki pesan mendalam dan harapan dari rancangan instalasi seninya itu. Salah satunya, agar generasi muda semakin terinspirasi dalam membentuk suatu karya baru dan terus menerus bisa menantang diri sendiri agar semakin profesional.

"Saya pikir rubik adalah tantangan. Saat bisa solving, itu tantangan berikutnya berapa lama kita lakukan. Tantang diri sendiri. Karena jaman sekarang mudah lihat media sosial dan merasa sedih saat liat kepunyaan orang lain. Sama seperti di kisah ini (Ant Man) gimana si Scott Lang memilih kembali di masa lalu hidup sama anaknya atau tetap kembali di masa sekarang di penjara," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Bapak Awan Rahargo selaku Direktur Marketing MURI Indonesia menuturkan bahwa instalasi seni ini memenuhi satu indikator yakni Superlatif. Maka dari itu, MURI memberi apresiasi berupa piagam emas dan penghargaan.

"Sudah memenuhi satu indikator MURI, yaitu superlatif seperti paling terbesar atau terbanyak. Denny Darko dan Keira berhasil buat mahakarya seni dari rubik membentuk sketsa wajah dari salah satu superhero yang saat ini sedang tayang. Muri apresiasi pemecahan rekor ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya