8 Artis Muslim yang Jalani Prosesi Melukat di Bali, Warganet Kira Pindah Agama

Aura Kasih
Sumber :
  • Instagram @aurakasih

VIVA Showbiz – Beberapa artis muslim Tanah Air yang diketahui sempat melaksanakan prosesi melukat di Bali. Bahkan, mereka yang menjalani prosesi melukat itu dianggap pindah agama dan keluar dari agama Islam. Karena, banyak yang mengatakan bahwa melukat adalah salah satu prosesi dalam agama Hindu. 

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Padahal, melukat hanya sebuah upacara yang bertujuan untuk membersihkan pikiran dan jiwa secara spiritual. Upacara ini telah dilaksanakan secara turun temurun di Bali yang biasanya dilaksanakan di pura Tirtha Empul, Tampaksiring. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan artis melukat, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Ariel Tatum

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Ariel Tatum

Photo :
  • Instagram

Akhir tahun 2021 lalu, Ariel Tatum sempat menjadi perbincangan hangat karena mengunggah potret dirinya yang sedang melakukan prosesi melukat di Bali. Dalam foto itu, Ariel tampak memakai pakaian adat Bali di sebuah pura hingga banyak warganet yang menduga dirinya pindah agama. 

Masih Bingung? Simak Penjelasan Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Fitri Ini

Dalam unggahan itu tampak Ariel menata rambutnya dengan sanggul dan aksesoris tambahan berupa bunga kamboja. Ariel Tatum melengkapi unggahan tersebut dengan kata-kata soal perjalanan hidupnya yang kembali terhubung dengan tubuh dan pikirannya. 

2. Cinta Laura

Cinta Laura.

Photo :
  • Instagram @claurakiehl

Artis cantik yang memiliki darah Jerman itu juga pernah melakukan prosesi melukat ketika sedang berlibur di Bali. Tujuan prosesi ini adalah untuk memperlihatkan toleransi berbudaya saja. Tidak seperti Ariel Tatum yang memakai kebaya, Cinta Laura lebih memilih menggunakan tank top hitam dengan kain batik biru yang dililitkan ke lehernya. 

3. Aura Kasih

Aura Kasih

Photo :
  • Instagram @aurakasih

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Aura Kasih memberi tahu bahwa dirinya baru saja melakukan tradisi melukat di Bali. Namun, unggahan tersebut mendapatkan kritik pedas dari warganet karena caption yang dituliskannya soal budaya yang dihubungkan dengan keyakinan

"Budaya adalah seni yang diangkat menjadi seperangkat keyakinan," tulisnya dalam unggahan sebelumnya di Instagram.

Dalam potret tersebut, Aura Kasih tampak memperlihatkan latar belakang air terjun yang tenang dengan pancuran mata air yang indah. Namun, unggahan tersebut langsung mendapatkan komentar miring dari warganet karena dianggap sudah menyelewengkan ajaran agama Islam. 

4. Awkarin

Awkarin

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Selebgram Karin Novilda alias Awkarin sempat mencuri perhatian publik karena dirinya menjalani ritual melukat di Ubud, Bali. Dalam unggahan Instagram, ia menceritakan perjalanannya ke Bali yang memang dikhususkan untuk melaksanakan penyucian diri, maka dari itu dia pun memilih Ubud. 

"Dan gue melakukan melukat karena gue itu suka mendalami kegiatan-kegiatan spiritual. Dan melukat ini adalah salah satu experience yang ingin aku coba sebagai salah satu milestone perjalanan spiritualku." tulis Awkarin dalam keterangan Instagramnya.

5. Pevita Pearce

Pevita Pearce

Photo :
  • IG @pevpearce

Pevita Pearce juga sempat melaksanakan prosesi melukat di Bali. Ia melaksanakan prosesi tersebut untuk membersihkan energi negatif yang ada dalam dirinya. Dia mengatakan bahwa melukat dilaksanakan untuk mengatasi trauma karena merasa lebih tenang. Namun, warganet yang melihatnya langsung mengira dia pindah agama. 

6. Nikita Willy

Nikita Willy dan kekasih

Photo :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

Nikita Willy adalah artis muslim berikutnya yang melaksanakan prosesi melukat di Bali ketika sedang bulan madu bersama sang suami, Indra Priawan. Melukat ini dilaksanakan oleh Nikita Willy pada 2020 silam di Air Terjun Sebatu, Ubud. Setelah prosesi tersebut, Nikita Willy merasa lebih segar dan mendapat energi positif. 

7. Rizky Febian

Potret Rizky Febian kenakan pakaian adat Bali bersama Mahalini

Photo :
  • Instagram @mahaliniraharja

Nama Rizky Febian menjadi perbincangan usai dirinya mengunjungi keluarga sang kekasih di Bali. Mereka diketahui melaksanakan prosesi melukat. Hal ini tentu saja memancing rasa penasaran warganet yang mengatakan bahwa putra sulung komedian Sule itu pindah agama mengikuti keyakinan Mahalini. 

8. Raline Shah

Raline Shah

Photo :
  • Instagram @ralineshah

Artis muslim yang pernah bermain dalam film 5 CM ini juga pernah melaksanakan prosesi melukat. Mulai dari menyusuri sungai sampai ke pertemuan dua sungai atau campuhan dan terus berjalan sampai ke air terjung yang dianggap suci. Di sana, ia merasa energi negatif yang ada di dalam tubuh dan pikiran sudah keluar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya