Artis Asal Malaysia, Michelle Yeoh Jadi Pemenang Best Actress di Oscar 2023

Michelle Yeoh di Oscar 2023
Sumber :
  • Vanity Fair

VIVA Showbiz – Michelle Yeoh telah memenangkan Oscar untuk aktris terbaik untuk film komedi superhero Everything Everywhere All at Once di Academy Awards yang diadakan di Los Angeles.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Melansir Vanity Fair, lahir di Malaysia, Yeoh menjadi orang pertama keturunan Asia Tenggara yang memenangkan Oscar kategori Best Actress atau aktris terbaik untuk perannya sebagai manajer binatu Evelyn Wang, yang menemukan “multiverse” realitas alternatif.

Michelle Yeoh di karpet merah Oscar 2019

Photo :
  • Instagram Michelle Yeoh
Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Yeoh juga merupakan aktris Asia ketiga yang sukses membawa pulang Piala Oscar usai mengikuti jejak Youn yuh-jung dan Umeki Miyoshi beberapa tahun lalu.

Yeoh mengalahkan persaingan ketat untuk penghargaan tersebut, termasuk Cate Blanchett untuk film Tár dan Michelle Williams untuk film The Fabelmans. 

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Yeoh telah menarik banyak perhatian selama musim penghargaan untuk film Everything Everywhere All at Once, termasuk nominasi Bafta untuk aktris terbaik, dan memenangkan Golden Globe untuk aktris terbaik dalam film (komedi atau musikal), dan aktris terbaik di Screen Actors Guild awards.

Usai mendapatkan piala, Yeoh menyampaikan pidato kemenangan yang menyentuh usai menerima piala prestise tersebut.

Ia bercerita tentang perjalanan hidup sebagai aktris Asia hingga berhasil mencapai puncak karier di usia 60 tahun.

Yeoh pun tak lupa mengungkapkan terima kasih kepada A24 Film serta para pemeran dan kru Everything Everywhere All at Once.

Yeoh juga mendedikasikan penghargaan tersebut untuk semua anak-anak Asia “Semua anak laki-laki dan perempuan kecil yang terlihat seperti saya menonton malam ini". 

Michelle Yeoh di Oscar 2023

Photo :
  • Vanity Fair

Dia melanjutkan: “Ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan. Mimpi memang menjadi kenyataan. Dan nona-nona: jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda telah melewati masa jaya Anda," imbuhnya. 

Dia mengakhirinya dengan berterima kasih kepada ibunya yang kini berusia 84 tahun, yang menonton di rumahnya di Malaysia. Ia melanjutkan “untuk semua ibu di dunia karena mereka benar-benar pahlawan super dan tanpa mereka tidak satu pun dari kita akan berada di sini malam ini.

"Aku membawa pulang ini!" dia melanjutkan. “Terima kasih kepada Akademi, ini adalah sejarah yang sedang dibuat!” tutup Yeoh dengan haru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya