Profil dan Prestasi Michelle Yeoh, Orang Asia Pertama Bawa Pulang Piala Oscar

Michelle Yeoh di Oscar 2023
Sumber :
  • Vanity Fair

VIVA Showbiz – Aktris asal Malaysia, Michelle Yeoh berhasil mencetak sejarah dalam Oscar 2023. Bagaimana tidak, Michelle menjadi wanita Asia pertama yang masuk nominasi dan memenangi piala Oscar. 

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Michelle Yeoh berhasil membawa pulang piala Oscar dalam kategori  Best Actress. Kemenangannya tersebut semakin membuktikan bahwa orang-orang Asia juga pantas untuk masuk dalam nominasi dan bahkan memenangi ajang penghargaan bergengsi dalam perfilman dunia. Berikut ini profil Michelle Yeoh pemenang Best Actress dalam Oscar 2023. 

Profil Michelle Yeoh

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Michelle Yeoh

Photo :
  • facebook.com/pages/Michelle-Yeoh

Michelle merupakan wanita kelahiran Ipoh, Malaysia dan putri dari pasangan Janet Yeoh & Kian Teik Yeoh. Pemeran dalam film Shang-Chi tersebut juga diketahui memiliki keturunan Hokkian, berbicara bahasa Inggris dan Melayu sebelum bahasa Mandarin. 

2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan dan Hancur, 10 Prajurit Tewas

Saat usianya masih 4 tahun, Michelle menjadi seorang penari balet dan kemudian pindah ke London untuk belajar di Royal Academy saat remaja. Setelah menjadi penari, dia memenangkan gelar kontes kecantikan Miss Malaysia dan gelar kontes kecantikan Miss Moomba di Melbourne, Australia pada awal 1980-an. 

Debut pertamanya adalah saat menjadi bintang iklan tahun 1984 dengan bintang seni bela diri Jackie Chan. Kemudian pada tahun 1985, ia mulai membuat film aksi dengan D&B Films of Hong Kong. Sebelumnya ia disebut sebagai Michelle Khan, namun kemudian menjadi Michelle Yeoh. 

Tidak pernah menjadi seniman bela diri yang terlatih, Michelle mengandalkan kemampuan tariannya yang siap untuk mempersiapkan adegan aksi seni bela diri. Dia menggunakan banyak gerakan tarian dalam filmnya dan melakukan sebagian besar aksinya sendiri. 

Nama Michelle kemudian dikenal oleh penonton Barat melalui peran dalam film James Bond Tomorrow Never Dies (1997) dan Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) yang sukses secara fenomenal. 

Michelle Yeoh

Photo :
  • people.com

Academy Award 2023 - Aktris Terbaik

Penghargaan Film Asia - Excellence in Asian Cinema Award 2013

Penghargaan Golden Globe 2023 - Aktris Terbaik 

Penghargaan Screen Actors Guild 2023 - Penampilan Terbaik untuk Kelompok Pemeran Film

Penghargaan Screen Actors Guild 2023 - Penampilan Terbaik Aktor Wanita Dalam Peran Utama

Satellite Award 2023 - Best Performance by an Actress in a Motion Picture, Comedy or Musical

Independent Spirit Award 2023 - Best Lead Performance

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya