Tak Langsung Operasi, Nunung Jalani Kemoterapi Demi Pertahankan Payudaranya

Nunung.
Sumber :
  • Instagram/@Nungers63.id

VIVA Showbiz – Komedian Nunung belum lama ini didiagnosis mengidap sakit kanker payudara. Kabar tersebut sempat viral dan menarik perhatian banyak warganet. Pada saat ditemui awak media di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Selasa, 14 Maret 2023, Nunung mengungkap bahwa saat ini kondisinya sudah semakin membaik.

Ngeri, Belut Besar Ditemukan Hidup Menggeliat di Perut Manusia

"Alhamdulillah kesehatannya baik dan terus semakin membaik," kata Nunung.

Nunung

Photo :
  • IG @nunung63.official
Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

Nunung juga mengungkap dia sudah menjalani pengobatan dalam hal ini adalah kemoterapi sebanyak satu kali. Sebelumnya, Nunung sempat mengaku takut menjalani kemoterapi saat didiagnosis kanker. Namun ternyata, setelah dijalani, kemoterapi tidak semenakutkan yang dibayangkan Nunung, ia merasa biasa-bisa saja.

"Baru sekali menjalani terapi kemo dan berjalan dengan baik. Alhamdulillah badannya yang nggak seperti dibayangkan kemarin-kemarin. Aku kan yang paling takut kemo waktu itu kan, ternyata kemo itu gak seperti yang kita takutkan, buktinya ini biasa-biasa aja cuma lari ke kaki aja agak sakit, kalau mual atau apa itu gak ada," ujar Nunung. 

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Setelah menjalani kemoterapi, Nunung tidak merasakan efek samping apa-apa, hanya saja kakinya terasa sakit, namun Nunung tidak terlalu menganggap pusing hal itu dan memilih untuk menjalani dengan perasaan gembira dan tidak stres.

"Cuma kaki aja yang sakit, sakit banget cuma ya dirasain dan dijalani aja. Harus dijalani dengan hati gembira, tidak boleh stres, tidak boleh dicari penyakit itu ya udah dijalani aja, diterima aja, ya udah bisa menjalani semuanya," ucapnya.

Nunung menjelaskan, dengan proses pengobatan yang dijalaninya itu, ia berharap benjolan yang ada di payudaranya bisa mengecil. Setelah mengecil, tindakan selanjutnya adalah operasi. Nunung mengungkap harus menjalani kemoterapi sebanyak 4-6 kali.

Nunung

Photo :
  • IG @nunung63.official

"Belum (belum bersih total kankernya). Kemo ini kan untuk mengecilkan benjolan agar payudara tidak terangkat, jadi mengecilkan benjolannya dulu nanti setelah benjolannya itu Insya Allah mengecil baru kita operasi. Operasinya itu cuma dikerok kelenjar getah beningnya aja, jadi payudaranya tetap dipertahankan," ucap Nunung.

"Itu kemauan dokter kayak gitu, jadi ya kalau aku mau operasi kemarin-kemarin ya udah diangkat satu. Cuma kata dokter masih bisa dipertahankan, jadi dikemo dulu, diperkecil, benjolannya dihilangin dulu baru operasi. Mungkin 4-6 kali kemo lah, nanti habis operasi kemo lagi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya