Masih Ingat Jessica Wongso? Divonis 20 Tahun karena Kasus Kopi Sianida, Ini Kabar Terbarunya

Jessica Kumala Wongso mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Showbiz – Masih ingat dengan sosok Jessica Wongso? Nama Jessica Wongso sempat menjadi sorotan publik Tanah Air pada tahun 2016 lalu.

Keluarga Brigadir J Gugat Ferdy Sambo Cs dan Polri Rp7,5 Miliar, Ini Alasannya

Namanya menjadi sorotan setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kopi sianida yang menyebabkan  Wayan Mirna Salihin meninggal dunia. Jessica Wongso ditetapkan sebagai tersangka kala itu setelah memberikan bahan kimia sianida ke dalam kopi yang dikonsumsi Mirna. Scroll lebih lanjut.

Insiden itu terjadi di salah satu kopi di sebuah mall besar di Jakarta Pusat. Saat itu, Mirna dan rekannya Hani diajak bertemu oleh Jessica Wongso. Saat bertemu di kafe tersebut, Mirna memesan kopi vietnam.

Keluarga Brigadir J Gugat Ferdy Sambo Cs Rp7,5 M, Sidang Perdana Langsung Ditunda

Saat itu, ia mengeluh kopi yang dipesan berbau dan rasanya aneh. Setelahnya, Mirna mendadak hilang kesadaran dan kemudian tubuhnya kejang-kejang serta mengeluarkan busa. Saat masa-masa kritisnya, Mirna sempat dibawa ke sebuah klinik di mall tersebut. Namun, nyawa Mirna sudah tidak tertolong lagi ketika melakukan perjalanan menuju Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Mahfud Sebut Banyak Kasus Tenggelam di Indonesia karena Pejabat Tak Berani Ungkap

Kasus ini juga sempat kembali menjadi sorotan saat kasus pembunuhan Brigadir Joshua Hutabarat. Mengingat dalam kasus yang melibatkan Ferdi Sambo.

Dalam kasus Mirna diketahui, Ferdi Sambo yang menjabat sebagai wakil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama atasannya, Kepala Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Brigjen Krishna Murti berhasil mengungkap kasus panas ini.

Terdakwa Jessica Kumala Wongso.

Photo :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

Dari hasil penyelidikan, Krishna Murti bersama Ferdy Sambo mengungkapkan bahwa terdapat zat sianida dalam kopi yang diminum oleh Mirna. Racun mematikan tersebut juga ditemukan di lambung Mirna. Setelah diperiksa, ternyata ada sekitar 3,75 miligram sianida dalam tubuh Mirna.

Setelah melakukan penyelidikan secara lebih dalam terhadap para saksi serta bukti dan melangsungkan gelar perkara, polisi akhirnya menetapkan seorang tersangka, yaitu Jessica Kumala Wongso.

Jessica benar-benar dinyatakan sebagai tersangka pada akhir Januari 2016, sebelum akhirnya divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 27 Oktober 2016, lalu. Jessica dijatuhi hukuman kurungan penjara selama 20 tahun dalam dakwaan pembunuhan berencana. Sampai sekarang, Jessica masih dipenjara di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Jessica Kumala Wongso.

Photo :
  • Antara/Wahyu Putro A

Lantas bagaimana kabar terbaru dari Jessica Wongso? Melansir tayangan YouTube, Jessica Wongso terakhir kali terlihat di media saat pemilihan Gubernur Jakarta pada 2017. Saat itu terlihat Jessica Wongso menggunakan kaos coklat dan celana hitam mencelupkan jari kelingkingnya menandakan dirinya sudah mengikuti pemilu.

Jessica juga sempat mengajukan PK atau peninjauan kembali beberapa tahun lalu. Namun sayangnya hasilnya tidak seperti diharapkan. Keputusan Hakim tetap sama dan tidak berubah.

Diketahui juga ia sering melakukan ibadah di Vihara, namun kini lebih memilih untuk mengurung diri di ruang isolasi miliknya. Disebut-sebut, Jessica Wongso hanya keluar saat keluarganya menjenguk. Petugas lapas juga tak tahu menahu sifat dan kabarnya yang berubah itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya