Cuitan Stroke Telinga Kiky Saputri Sempat Bikin Heboh, Ini Tanggapan Adem dr Tirta

Kiky Saputri
Sumber :
  • IG @kikysaputrii

VIVA Showbiz – Media sosial beberapa waktu yang lalu dihebohkan oleh cuitan Kiky Saputri perihal penyakit stroke telinga. Saat itu, Kiky mengungkap mertuanya didiagnosis stroke telinga oleh dokter di Indonesia, karena pendengarannya tiba-tiba saja terganggu. Setelah disuntik, Kiky mengaku pendengaran mertuanya justru makin parah.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Mertua Kiky kemudian dibawa berobat ke Singapura. Kiky mengungkap, diagnosis stroke telinga justru ditertawakan oleh dokter di Singapura. Sontak saja, pernyataan Kiky itu mendapat banyak menuai pro kontra.

Kiky Saputri

Photo :
  • Instagram @kikysaputrii
Tanggapan Kiky Saputri Dihujat Netizen Gegara Singgung Ayu Ting Ting di Depan Nagita Slavina

Dua dokter yang juga dikenal sebagai influencer, dr. Richard Lee dan dr. Tirta membahas soal penyakit ini. Richard mengundang Tirta untuk menjadi bintang tamu dalam konten YouTube-nya. Keduanya membahas mengenai istilah stroke telinga yang tengah viral.

"Bro, Kiky Saputri bilang katanya dokter kita diketawain gara-gara stroke telinga. Lo pernah dengar gak stroke telinga?" tanya Richard Lee kepada dokter Tirta dikutip VIVA, Minggu, 26 Maret 2023.

Kiky Saputri Singgung Ayu Ting Ting di Depan Raffi Ahmad, Ekspresi Nagita Slavina Bikin Salah Fokus

Dokter Tirta lantas menjelaskan bahwa stroke telinga adalah istilah untuk orang awam. Dia bahkan sudah menanyakan hal tersebut ke dokter spesialis THT. Sementara, dokter Richard merasa bahasa yang disederhanakan akan membuat orang awam mudah mengerti.

"(Stroke telinga) itu sebenarnya istilah buat orang awam. Harusnya tuh sebelum kita ngomong (stroke telinga) kita ngomong aja dulu kayak ini namanya sudden deafness, harusnya dibilang dulu. Jadi yang aku tanya sama dokter SP THT (Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) itu bilangnya sudden deafness,” ujar dr. Tirta.

"Biasanya harusnya dokter bilang dulu, ‘Halo mba ini namanya sudden deafness'. Cuma kalau agak sulit dimengerti, ini mirip-mirip stroke kuping, kehilangan pendengaran secara dadakan," tambahnya.

"Bahasa awam sehingga mudah dimengerti pasien. Karena gue sendiri sampai sekarang belum pernah dengar," kata dr. Richard Lee merepons.

Dokter Tirta.

Photo :
  • Instagram/dr.tirta

Dokter Tirta tidak menyalahkan Kiky Saputri, menurutnya ada dua sudut pandang dalam hal ini. Ia merasa dokter tidak perlu memberi respons yang berlebihan terhadap pernyataan Kiky.

"Jadi apa yang disampaikan Mba Kiky ini point of view ada dua. Kalau misalnya point of view dokter dia akan defend dulu pasti, ‘Wah kamu bandingin’. Aku ngomong sebagai aku pengusaha dan dokter ya. Aku menganggap Mba Kiky ini sebagai pengguna jasa, user ya kustomer. Aku adalah penyedia jasa yang mana aku pengusaha, jadi dokter itu memperdagangkan jasanya. Ketika pasien sebagai kustomer itu membuat experience google review, berhak dong. Wajar," ucap dr. Tirta.

"Sebenarnya, point of view Mba Kiky itu benar tapi tanggapan dokter juga gak perlu berlebihan. Yang aku kaget tanggapannya berlebihan banget, ini merupakan review, kalau bagus ya kita anggap auto kritik ‘Oh berarti zaman sudah berkembang, berarti sekarang kalau ada waktu kita jelasin yang benarnya seperti apa'," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya