Once Mekel Sebut Musisi Gak Boleh Seenaknya Soal Royalti, Sindir Ahmad Dhani?

Once Mekel
Sumber :
  • IG @oncemekelofficial

VIVA Showbiz – Ahmad Dhani telah menyatakan secara tegas akan menempuh jalur hukum jika Once Mekel nekat membawakan lagu Dewa 19 untuk penampilannya di atas panggung. Dhani juga sempat menyinggung bahwa Once tidak pernah membayar royalti untuk setiap lagu miliknya.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Di sisi lain, Once Mekel memiliki pandangannya sendiri terkait pembayaran royalti hak cipta sebuah lagu. Menurut Once, ada banyak musisi senior yang belum memahami betul aturan pembayaran royalti. Namun, mereka terburu-buru menyampaikan opini yang akhirnya malah menyesatkan publik. Scroll untuk info selengkapnya.

"Banyak juga orang-orang bahkan dari kalangan musisi senior, itu yang belum ngerti aturan. Lalu, bicara seenaknya dan membuat opini masyarakat tersesat dengan opini sesat yang mereka lontarkan kemarin," kata Once Mekel, melansir unggahan Instagram @mak_lamis, Rabu 29 Maret 2023.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Once mengetahui bahwa pemerintah Indonesia telah menetapkan aturan terkait pendistribusian royalti hak cipta sebuah lagu. Ia bahkan menantang siapapun yang memahami urusan hukum untuk mengutarakan pendapatnya.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

"Saya katakan bahwa aturan sudah ada, aturan hukum dan itu hukum positif. Jika Anda punya teman yang profesor atau ahli hukum, boleh berpendapat," tambahnya.

Lebih lanjut, Once menjelaskan bahwa pendistribusian royalti sebuah lagu atau musik telah diatur oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional. Oleh karena itu, seorang musisi tidak memiliki hak untuk mematok harga seenaknya karena harus mengikuti harga yang ditentukan oleh aturan.

"Tapi, hukum positif Indonesia sudah mengatakan dan sudah mengatur semua soal pendistribusian royalti itu melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional dan itu semua dikumpulkan bukan dengan mematok harga seenaknya, tapi berdasarkan tarif yang diatur lewat peraturan. Jadi, semua itu ada aturannya," kata Once Mekel.

Ahmad Dhani.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Meski tidak menyebutkan nama musisi yang dituju, Once Mekel mempersilakan musisi tersebut membicarakan urusan royalti yang diinginkannya. Akan tetapi, Once tetap mengingatkan adanya aturan yang berlaku sehingga musisi itu tidak bisa bersikap seenaknya.

"Silakan kalau mau berilusi dengan perasaan, mau curhat ke mana-mana silakan saja. Itu nggak salah, tapi peraturan pemerintah itu ada dan sudah berlaku untuk pendistribusian royalti melalui LMKN dan tidak bisa seenaknya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya