Dokumenter Suga: Road To D-DAY Resmi Dirilis, Mengenal Lebih Dalam August D

Suga BTS.
Sumber :
  • Allkpop

VIVA Showbiz – Lead rapper, BTS, Min Yoongi alias Suga BTS diketahui merilis album terbarunya hari ini Jumat 21 April 2023. Bertajuk D-DAY, album ini merupakan babak akhir dari trilogi dari nama lain Suga yakni Agust D, setelah dirinya merilis dua mixtape yakni Agust D di tahun 2016 dan D-2 di tahun 2020 lalu.

Tampil di Coachella 2024, Vokal LE SSERAFIM Kena Kritik Pedas Netizen

Menurut keterangan Big Hit selaku agensi yang menaungi Suga BTS, album D-DAY ini akan menyelami perjalanan pribadi Suga sebagai Agust D dan menyajikan gambaran tentang kehidupannya sebagai seorang musisi.

Suga BTS

Photo :
  • Instagram/bts.suga
Jennie BLACKPINK Dikabarkan Bakal Kolaborasi dalam Lagu dan MV Terbaru Zico

Sebelum resmi dirilis pada 21 April hari ini, Suga diketahui mempromosikan lagu pra rilis yang telah dirilis pada 7 April 2023 lalu, serta film dokumenternya yang bertajuk Suga: Road to D-DAY yang dirilis di Disney+Hotstar pada hari ini 21 April 2023 pukul 21.00 WIB.

Berbicara mengenai film dokumenter yang dirilis pada Kamis malam ini, menggambar secara detail tentang perjalanan kehidupannya sebagai seorang musisi. Dokumenter tersebut direkam sejak akhir Desember 2021 lalu, dimana Suga menyambangi Las Vegas Amerika Serikat.

Hempaskan Citra Idol K-Pop, Park Ji Hoon Unjuk Bakat melalui Akting di Love Song for Illusion

Suga diketahui sengaja pergi ke Las Vegas untuk membuat musiknya untuk album ini. Tak hanya itu saja,  dirinya juga sempat mengunjungi sejumlah musisi yang pernah berduet dengan BTS seperti Steve Aoki untuk lagu MIC Drop yang dirilis di tahun 2017 lalu.

Dalam kunjungannya itu, Suga juga sempat diperdengarkan lagu milik Steve Aoki begitu juga sebaliknya, di mana sejumlah lagu yang telah dibuatnya diperdengarkan di hadapan Steve Aoki.

Selain Steve Aoki, Suga juga mengunjungi penyanyi Halsey di kediamannya. Di sana keduanya terlihat sangat menikmati waktu mengobrol dan minum bersama. Bahkan Suga sempat meminta untuk rambutnya ditata seperti Halsey.

Setelah mengunjungi Steve Aoki dan Halsey, Suga juga sempat mampir ke studio penyanyi Anderson Paak yang pernah bekerja sama dengan BTS untuk kolaborasi lagu Yet To Come. Dalam lagu ini, Anderson diketahui memainkan drum untuk BTS. Anderson diketahui sempat berkolaborasi dengan leader BTS, RM BTS di lagu Still Life. Di sana, Suga juga sempat memperdengarkan lagu yang telah digarapnya hingga minum bersama dan bermain bersama Anderson Paak.

BTS dan Steve Aoki

Photo :
  • twitter.com/steveaoki

Dalam dokumenter ini juga Suga menampilkan momen dimana dirinya sempat mengalami stuck saat ingin membuat lagu barunya. Dia bahkan harus ke Pyeongchang di tahun 2021 lalu untuk bisa fokus menyelesaikan musiknya. Tak tanggung-tanggung dia juga mengundang sejumlah rekannya untuk membantunya dalam meng-compose musik untuk album ini.

Berbicara mengenai dokumenter ini yang berdurasi 1 jam 19 menit ini mungkin akan kembali mengingatkan ARMY (sebutan penggemar BTS) dengan tayangan In The Soop season dua. Mereka menyewa rumah mewah di kawasan PyeongChang yang juga menjadi tempat Suga mencari inspirasi untuk album terbarunya ini.

Ada satu momen di In The Soop yang memperlihatkan Suga tengah sendiri di dalam mobil caravan dan mengcompose salah satu lagu yang ternyata adalah lagu AMYGLADA di dalam album ini. Di dalam episode itu, Suga bercerita kepada Jimin yang mendatanginya bahwa lagu ini begitu memiliki makna tersendiri baginya yang kembali dijelaskan secara rinci di film dokumenter ini.
 
Suga: Road to D-DAY ini juga menampilkan sisi Suga BTS yang tak pernah dilihat para penggemarnya. Salah satunya adalah tentang midlife crisis in 30s yang juga dialami oleh pria kelahiran tahun 1993 ini.

Sama seperti masyarakat lainnya, banyak pergolakan batin yang diungkap Suga saat dirinya memasuki usia 30an. Mulai dari rumor tentang BTS yang bubar saat mereka mengumumkan untuk rehat di pertengahan tahun 2022 lalu dan memilih fokus solo karir.

Headline mengenai kabar tersebut diketahui menghiasi sejumlah portal berita di Korea selama sepekan lebih. Banyak pergolakan batin yang juga diungkap Suga di dalam dokumenter ini, salah satu yang menarik adalah tentang apa yang akan dilakukannya jika dia tidak menjadi idol. Tentang eksistensi idol yang rata-rata hanya berumur 7 tahun di industri musik.

Dalam dokumenter itu juga sangat terasa bagaimana beban seorang idol untuk membuat karya demi para fans. Bahkan Suga juga sempat mendapat nasihat dari Bang PD-nim alias Bang Shin Hyuk untuk apa seseorang sukses tapi tidak diiringi dengan kebahagiaan, akankan semua pekerjaan yang dikerjakan akan menjadi sia-sia jika tidak bahagia.

Dokumenter ini juga bisa menggambarkan kepada ARMY bahwa idol merupakan seorang manusia biasa. Mereka bisa lelah, dan membutuhkan tempat bersandar. Hal ini terlihat saat Suga yang mengalami stuck saat berada di studionya dia sempat mengutarakan kalimat umpatan.

Atau bahkan saat dia mengatakan ingin menghubungi dan memeluk sang ibu ketika saat itu. Hingga dirinya yang tak bisa merasakan kehidupan seperti traveling atau menikmati waktu istirahatnya lantaran kepadatan pekerjaannya.

Di sini ARMY juga akan mendapatkan gambaran tentang lagu-lagu yang masuk dalam track album D-DAY dan konsep musik untuk lagu tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya