Mengenang Haul Uje ke-10, Ustaz Zacky Mirza: Tidak Akan Terbalas Jasanya

Ustaz Zacky Mirza.
Sumber :
  • Instagram @zackymirza_

VIVA Showbiz – Ustaz Zacky Mirza membagikan momen persiapan kurban yang diatasnamakan untuk sahabatnya, Almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori atau akrab disapa Uje, di salah satu peternakan di Cianjur, Jawa Barat.

Mana Lebih Afdol Zakat Pakai Beras atau Zakat Pakai Uang? Begini Jawaban Ustaz Zacky Mirza

Kegiatan untuk mengenang Almarhum Uje rupanya bukan kali ini saja dilakukan oleh ustaz muda ini, melainkan sudah dilakukan setiap tahun. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya. 

"Untuk tahun ini, ada kurban sapi, wakaf Quran dan sedekah yang dihadiahkan untuk Uje pahalanya. Jadi atas nama Uje," kata Ustaz Zacky Mirza, baru-baru ini. 

Sosok Habin Hasan di Mata Anies Baswedan: Pendakwah yang Dekat dengan Anak Muda

Ustaz Zacky menilai bahwa peran Uje bagi perjalanan karier dakwahnya sangatlah vital. Uje yang meninggal pada 26 April 2013 lalu, ternyata merupakan sosok kunci di balik kesuksesannya.

Dakwah Persatuan: Kemenag Gandeng BKM Sebarkan Pesan Damai di Mimbar Jumat dan Tarawih

"Beliau itu sering ngajak saya ke mana-mana, kadang bilangnya sehari, taunya sampai tiga hari baru pulang," kenang Zacky Mirza.

Tapi hal tersebut tidak menjadi halangan, karena yang dirasakan saat bersama Uje adalah banyak keberkahan dan ingin sahabat-sahabatnya maju.

"Hebatnya beliau, sebelum ceramah, beliau mempersilakan saya, mengenalkan saya ke panitia, ini ada Ustaz Zacky nih, suruh ceramah duluan ya!" cerita dia saat Uje beri perintah ke panitia.

Semasa hidup, Uje memang selalu membawa sahabat-sahabatnya saat mengisi acara. Uje terlihat sama sekali tidak takut tersaingi oleh orang lain. Tidak seperti orang pada umumnya yang justru takut akan tersaingi dan rezekinya berkurang manakala sahabatnya atau ada orang lain yang maju. 

"Uje dulu pernah bilang ke saya, nanti next-nya lo bawa kartu nama yang banyak ya, terus pas di tempat acara bagi-bagiin deh!" ujar Zacky Mirza menirukan gaya ucapan Uje.

Polemik Makam Ustadz Jefri Al Buchori (Uje)

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

"Terus saya lakukan dan benar saja, selang beberapa saat, ada panitia yang menghubungi untuk minta saya ceramah," ungkapnya. 

Tidak hanya saat off air atau ceramah yang bukan di media, seperti di pengajian atau tabligh akbar. Saat on air pun ternyata Uje adalah sosok yang ingin sahabatnya ikut maju bersama.

“Pernah waktu itu Uje bilang ke produser salah satu televisi nasional, ini yang baca doa Ustaz Zacky aja. Pernah juga Uje bilang ke produser yang lain, Ustaz Zacky aja pembawa acaranya, yang kemudian langsung disetujui saat itu juga oleh produser," tutur Zacky mengenang jasa Almarhum.

Sebagaimana diketahui, walaupun Uje sudah meninggal 10 tahun yang lalu, namun eksistensi Ustaz Zacky di layar kaca masih terus ada sampai sekarang. Itulah sebabnya Ustaz Zacky ingin selalu berbagi hadiah dengan Almarhum.

"Kebaikan beliau, kalaupun saya balas dengan kebaikan haul tiap tahunnya, rasanya tidak akan terbalas dan tidak akan pernah cukup," pungkasnya. 

"Kenikmatan saya berdakwah saat ini, Uje yang jadi wasilah, Uje yang jadi jembatan," imbuh dia. 

Diketahui, Uje meninggal di usia 40 tahun di RS Pondok Indah, setelah sebelumnya mengalami kecelakaan tunggal di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya