13 Artis Ini Pernah Jadi Dosen di Kampus Ternama Indonesia

Sederet artis pernah jadi dosen
Sumber :
  • VIVA

VIVA Showbiz – Bekerja di dunia entertainment, mereka biasanya disibukkan dengan aktivitas syuting, fan meeting, promosi film atau lagu mereka dan lainnya.

Dugaan Adanya Dosen jadi Joki Mahasiswa S2, FISIP Untan Bikin Tim Investigasi

Sederet artis ini rupanya tak hanya jago di dunia hiburan, tapi juga pintar dalam dunia pendidikan. Pasalnya, selain bekerja sebagai artis, mereka juga berprofesi sebagai dosen. Siapa sajakah artis yang juga menjabat sebagai dosen? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Reza Rahadian

Simak Sinopsis Film Smugglers, Kisah Penyelundupan yang Dilakukan Oleh Penyelam Wanita

Reza Rahadian

Photo :
  • istimewa

Aktor terkenal Reza Rahadian rupanya juga pernah menjadi dosen di salah satu kampus terkenal yakni Universitas Indonesia (UI).

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

Di kampus UI, pemeran film Imperfect tersebut mengajar dalam satu semester untuk mata kuliah Teknik Olah Vokal dan Akting. Kata Reza, ia ketagihan mengajar dan senang bisa berbagi ilmu dengan mahasiswa.

2. Herfiza Novianti

Istri dari Ricky Harun ini memutuskan untuk jadi dosen setelah menamatkan pendidikan S2 nya di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Diketahui bahwa dia menjadi dosen tetap untuk mata kuliah psikolog komunikasi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Ia pertama kali mengajar saat menjadi dosen tamu di Universitas Doktor Moestopo pada Juni 2017.

3. Sandy Nayoan 

Sandy Nayoan dikenal sebagai pemain dari sejumlah sinetron terkenal di Indonesia. Namanya juga tercatat sebagai salah satu pemain di film kolosal Tutur Tinular (1992). 

Sukses berakting di tahun 90-an tak lantas membuat pria kelahiran 18 Oktober 1970 ini mengabaikan pendidikan. Baginya pendidikan tetap yang utama dan dibuktikan dengan prestasinya menyelesaikan studi S2 dan kemudian menjadi dosen Pancasila di Universitas Gunadarma. Bahkan, ia sudah menjadi dosen tetap.

4. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari

Photo :
  • vstory

Selain menjadi artis dan anggota DPR RI, Desy Ratnasari masih disibukkan sebagai seorang dosen. Diketahui jika dirinya merupakan dosen jurusan Psikologi di Universitas Atmajaya, Jakarta.

5. Ellen Cherrybelle

Mantan member Cherrybelle ini kini fokus menjadi seorang dosen PNS di Politeknik Negeri Malang. Diketahui jika Ellen menjadi dosen untuk mata kuliah akuntansi.

Ia mulai fokus di dunia pendidikan usai keluar dari girl grup Cherrybelle pada 2016 silam. Setelah menyelesaikan gelar pendidikan S2 di Politeknik Negeri Malang, baru kemudian ia beralih profesi jadi dosen di kampusnya itu.

6. Nurul Qomar

Pelawak Haji Nurul Qomar

Photo :
  • Ini Talk Show

Nurul Qomar alias Qomar merupakan salah satu anggota grup lawak Empat Sekawan. Dirinya sempat menjadi dosen, bahkan pernah menjabat sebagai rector di Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes.

7. Muhammad Farhan

Muhammad Farhan

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)/VIVA

Presenter Muhammad Farhan juga mejadi salah satu artis yang menjalani profesi sebagai dosen. Dia menjadi dosen tetap di Lembaga Pendidikan Interstudi, Jakarta.

Berkat kemampuan public speaking-nya ini menjadikan modal besar untuk Farhan bisa mengajar di depan mahasiswa.

8. Wanda Hamidah

Wanda Hamidah

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Selain itu disibukkan sebagai anggota dewan, artis senior Wanda Hamidah sempat menjadi dosen tamu di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Wanda yang meraih gelar S2 Kenotariatan di Universitas Indonesia ini berharap suatu saat bisa menjadi dosen tetap di sebuah perguruan tinggi.

9. Dono Warkop 

Almarhum Dono Warkop

Photo :
  • instagram.com/warkop_dki_legend

Memiliki nama lengkap Wahyu Sardono, pria kelahiran 30 September 1951 satu ini dikenal publik saat bergabung dalam Warkop, kelompok atau grup pelawak terkemuka di Indonesia. 

Meskipun tampak konyol di depan kamera dan cenderung terkesan bodoh saat melawak, almarhum Dono termasuk artis yang memiliki kecerdasan tinggi karena berhasil menyelesaikan pendidikan pascasarjana di Universitas Indonesia. 

Setelah mendapatkan gelar Magister, Dono kemudian memutuskan menjadi dosen di tengah kesibukannya menjadi pelawak dan artis kala itu. Sampai akhir hayatnya, Dono diketahui menjadi salah satu dosen di FISIP Universitas Indonesia untuk jurusan Sosiologi. 

10. Marissa Haque

Marissa Haque

Photo :
  • dok.ist

Marissa Haque berkarier di duni hiburan pada tahun -80an. Setelah mundur dari dunia hiburan, ia memutuskan untuk berkarier di dunia politik.

Istri dari aktor Ikang Fawzi ini kemudian beralih profesi dan menjadi dosen. Dia mengajar untuk sejumlah perguruan tinggi, seperti di Universitas Yarsi, Perbanas dan Universitas Trisakti.

Maia Estianty

Photo :
  • IG @maiaestiantyreal

Penyanyi, pencipta lagu dan produser Maia Estianty sudah tak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam dunia musik. Rupanya mantan istri Ahmad Dhani ini pernah menjadi dosen tamu di Universitas Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Saat itu Maia dipercaya menjadi dosen mata kuliah Kepemimpinan untuk mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Indonesia.

Prilly Latuconsina menjadi dosen praktisi di UGM

Photo :
  • tangkapan layar instagram

Sosok Prilly Latuconsina sempat kejutkan publik ketika dirinya mengajar di Universitas Gadjah Mada. Awalnya Prilly Latuconsina mengajar secara online. Namun kemudian ia diberi kesempatan untuk mengajar secara ofline sebagai dosen praktisi di Universitas Gadjah Mada.

Dian Sastrowardoyo

Photo :
  • Instagram/therealdisastr

Artis Dian Sastrowardoyo juga berkesempatan untuk menjadi dosen tamu di kampus Vokasi Universitas Indonesia (UI) tahun 2022 lalu.

Saat menjadi dosen tamu di UI, Dian Sastro mengajar pengantar film. Dari informasi yang dihimpun, pemeran film Ada Apa Dengan Cinta ini hanya mengajar dua kali di satu semeseter.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya