Tetap Kerja Saat Proses Kemoterapi, Nunung: Nanti Siapa yang Biayain Aku Sakit?

Nunung.
Sumber :
  • Instagram @nungers63.id

VIVA Showbiz – Nunung Srimulat masih menjalani kemoterapi sebagai upaya penyembuhan dari kanker payudara yang dideritanya. Nunung ditargetkan sembuh dengan 6 kali kemoterapi, namun komedian itu mengungkapkan perkembangan kondisinya yang sangat baik di proses kemo ketiga.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

"Alhamdulillah mestinya kemo enam kali, ini baru tiga kali sudah mau langsung diangkat," kata Nunung, ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa 9 Mei 2023.

Nunung

Photo :
  • IG @nunung63.official
Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Sejak divonis mengidap kanker, Nunung mulanya enggan menjalani kemoterapi karena takut akan merasakan efek samping yang membuat dirinya merasa tidak nyaman. Salah satunya adalah kebotakan yang kini telah membabat habis rambutnya. 

Selama kemoterapi, Nunung juga merasakan sakit yang luar biasa terutama di bagian tulangnya. Setiap pasien kemoterapi memang biasanya mengalami efek samping yang berbeda-beda, seperti kakak sang komedian yang dulu merasa mual hingga hilang nafsu makan akibat pengobatan itu.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

"Kemo itu sakit sekali. Ya kalau orang kemo itu kan macam-macam yang dirasakan. Dulu kakak saya mual-mual, sampai 10 sampai 15 hari nggak bisa kemasukan apa-apa, tiap lihat makanan mual. Kalau aku tulang yang dihajar, tulang-tulang semua rasanya kayak mau lepas dari dagingnya, dari tempatnya," kata Nunung.

Rasa sakit saat kemoterapi itu tidak mempan diberikan obat apapun termasuk yang diresepkan oleh dokter. Nunung menjelaskan bahwa dokter sudah memberikan obat untuk mengatasi rasa sakit itu dengan dosis yang cukup besar namun tetap tidak teratasi.

"Kemo itu nggak dikasih obat apa-apa, ngga ada sama sekali. Jadi pas tulangku kesakitan habis kemo itu, aku diresepin sama dokter. Tapi ngga ngefek sama sekali. Diresepin lagi obat yg lebih mujarab, ngga ngefek lagi. Sampai painkiller yang dosisnya berapa itu, ngga ngefek juga. Memang kemo tidak bisa diobati. Jadi mau pakai obat apa pun, kalah," jelas Nunung. 

Meski tengah menjalani proses pengobatan, Nunung tetap beraktivitas dengan pekerjaannya seperti biasa. Salah satu alasannya adalah karena ia bisa melupakan rasa sakit di badannya ketika fokus dengan pekerjaan. Nunung dengan senang hati menjalani pekerjaannya menghibur masyarakat di layar kaca, meskipun rasa lelah tetap dirasakan sepulang kerja.

Nunung

Photo :
  • IG @nunung63.official

"Alhamdulillahnya karena aku kemarin ada pekerjaan pas lagi kemo, jadi aku konsentrasi ke pekerjaan. Aku happy ke pekerjaan, walaupun pas sudah sampai rumah timbul lagi sakit itu, tapi karena sudah capek, ngantuk, ya aku nikmati," katanya. 

Selain itu, Nunung juga memilih untuk tetap bekerja di kondisinya saat ini karena harus mencari nafkah. Nunung bahkan tampil memakai rambut palsu untuk menutupi kepalnya yang botak. Meski awalnya sedih melihat penampilannya, Nunung kini merasa lebih ikhlas dan menerima dirinya.

"Kalau aku ngga kerja, nanti siapa yang biayain selama aku sakit? Aku kan masih punya anak-anak yang sekolah dan masih jadi tanggung jawab aku," ujar Nunung Srimulat.

"Aku juga enggak mau yang cuma tiduran, malah rasanya ngga karuan nanti. Jadi aku masih menjalankan tugas sebagai tulang punggung keluarga. Itu malah jadi penyemangat saya," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya