IU Dilaporkan Atas Tuduhan Plagiarisme, Ini Kata Pihak Agensi

Penyanyi IU
Sumber :
  • IG @dlwlrma

VIVA Showbiz – EDAM Entertainment berikan penjelasan soal kasus plagiarism yang dituduhkan kepada IU. Sebelumnya pada 10 Mei 2023 dikabarkan bahwa seorang non-selebriti melaporkan IU ke polisi atas tuduhan plagiarisme beberapa lagu milik kekasih Lee Jong Suk itu.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Menurut EDAM Entertainment, pihaknya telah menyadari untuk beberapa waktu sekarang muncul sebuah klaim plagiarisme palsu dan rumor tak berdasar yang telah menyebar melalui berbagai komunitas online, komunitas SNS, YouTube, serta dalam bentuk cetak di media tertentu. Scroll lebih lanjut ya.

Pihaknya justru mengangap laporan ini sebagai aktivitas jahat dari orang tak bertanggung jawab yang mau menghancurkan karier sang penyanyi.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

"Kami baru saja mengonfirmasi bahwa selama beberapa bulan terakhir, akun serius aktivitas jahat terdeteksi di beberapa komunitas online dan halaman kafe Naver," kata EDAM Entertainment, mengutip Allkpop, Rabu 10 Mei 2023.

Dituding Plagiat, Prof Kumba Mengundurkan Diri Sebagai Dekan FEB Unas

Setelah melakukan penyelidikan, pihak agensi menemukan banyak tudingan negatif terhadap IU bukan hanya soal plagiarisme tetapi juga tuduhan palsu yang mengarah pada pencemaran nama baik.

Oleh karena itu, pihak agensi tidak segan mengambil langkah hukum untuk menuntut pihak tak bertanggung jawab itu.

Ilustrasi plagiat tulisan.

Photo :
  • U-Report

"Setelah mengonfirmasi hal di atas, agensi melanjutkan untuk mengumpulkan semua bentuk bukti terkait tuduhan plagiarisme, rumor palsu, pelecehan seksual, dan pencemaran nama baik karakter, pelanggaran privasi, dll; berdasarkan bukti yang dikumpulkan, kami telah mengajukan tuntutan hukum terhadap pihak yang bertanggung jawab melalui firma hukum agensi," ujar pihak agensi.

"Kemudian, hari ini, sambil menunggu proses tuntutan hukum, kami mengetahui melalui laporan berita bahwa tuduhan telah diajukan terhadap IU dengan polisi," ujarnya.

Meski sang pelapor mengaku sudah mengajukan laporan kepada pihak kepolisian, pihak agensi justru belum menerima panggilan apapun dari tim penyidik.

"Sampai sekarang, kami belum menerima pemberitahuan resmi apa pun dari penyelidik, dan kami mempelajari dakwaan untuk pertama kalinya melalui laporan berita mulai hari ini. Kami tidak memiliki informasi mengenai dakwaan yang diajukan, dan kami sedang mengkonfirmasi rincian yang terkait dengan dakwaan," katanya.

Terakhir, EDAM Entertainment sangat menekankan tindakan hukum akan diambil terhadap setiap postingan online berbahaya yang mencemarkan nama baik karakter artisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya