Cara Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Jaga Keharmonisan Meski Beda Usia 11 Tahun

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono
Sumber :
  • IG @dude2harlino

VIVA – Kasus perceraian tengah marak terjadi di kalangan para selebriti. Mulai dari perceraian Ari Wibowo dan Inge Anugrah hingga Virgoun dan Inara Rusli yang semuanya masih dalam proses hukum.

Bukan Cuma Mahal, Konsep Pernikahan Harvey Moeis dan Sandra Dewi di Disneyland Kembali Disorot

Memiliki keluarga yang harmonis tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi sebagai publik figur yang kehidupannya kerap menjadi sorotan publik. Hal tersebut juga dirasakan oleh pasangan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono. Scroll lebih lanjut ya.

Sebelum menikah, Dude Harlino ternyata punya masa PDKT yang cukup unik dengan wanita yang akrab disapa Icha itu. Dude mengajak Icha belajar tentang pernikahan dengan cara membaca buku, mengikuti pengajian, hingga berdiskusi dengan orang tua mereka.

Kian Romantis, Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Tertangkap Kamera Lakukan Hal ini

"Waktu awal nikah, jujur gue nggak tahu tuh rumah tangga kayak apa desain sebenarnya. Jadi gue sempat bilang ke Icha juga, 'Cha ini kita sama-sama belajar yuk'. Jadi gue ajak Icha belajar bareng-bareng, baca buku, terus kita musyawarah, terus ada pengajian rutin ya Icha gue ajak juga, dan banyak ngobrol terutama sama orang tua, minta pendapat tentang pernikahan tuh gimana," cerita Dude Harlino, mengutip tayangan YouTube The Sungkars, Selasa 16 Mei 2023.

Ustaz Khalid Basalamah: Kalau Ada Tanda Ini saat Mau Menikah, Cepat Batalkan!

Sejak menikah pada 2014, rumah tangga Dude Harlino dan Alyssa Soebandono memang jarang diterpa kabar miring. Keduanya pun selalu menunjukan keharmonisan dan kebersamaan sebagai keluarga yang utuh. 

Menurut Dude Harlino, salah satu penyebab rumah tangganya bisa adem ayem hingga kini adalah karakter yang dimiliki olehnya dan sang istri dalam menyikapi masalah.

"Kalau ditanya kenapa (rumah tangga adem-ayem), pertama itu karakter masing-masing sih kalau menurut gue," kata Dude.

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Photo :
  • IG @dude2harlino

Dude Harlino tidak menampik bahwa ia dan Icha juga pernah berantem karena perbedaan pikiran. Akan tetapi, keduanya bisa melalui perdebatan dengan baik dan mencari solusi saat kepala dingin.

"Mungkin kalau ditanya 'pernah berantem nggak?', mungkin bahasanya bukan berantem ya, kalau beda pendapat dan diskusi sih itu sering, tapi cari solusinya pun mudah. Alhamdulillah ya, jadi urat leher tuh nggak sampai tegang," sambungnya.

Seperti diketahui, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono adalah pasangan dengan perbedaan umur yang cukup jauh. Dude menikah di umur 34 tahun sementara Icha saat itu masih berusia 23 tahun.

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Photo :
  • IG @dude2arlino

Namun ternyata usia bukanlah patokan bagi seseorang bisa bersikap dewasa. Meskipun jauh lebih muda, Dude mengakui Icha punya cara pikir yang sangat terbuka.

"Icha itu tipikal yang cukup dewasa ternyata, walaupun beda umur jauh, tapi dia cukup dewasa, dikasih pengertian dan sebagainya, ya dia cukup bisa menerima dengan pengertian dia yang cukup baik," jelas Dude.

"Jadi nggak terlalu sulit selama ini (membina rumah tangga bersama), dan itu juga nggak terlepas dari Allah kasih jalan ke kita berdua ya, dan kesepakatan yang kita buat sih alhamdulillah sejauh ini bisa kita jalankan sebaik mungkin," tambahnya.

Menurut Dude Harlino, hubungan suami istri harus punya timbal balik yang seimbang. Di satu sisi, kepala keluarga pasti ingin dituruti oleh istrinya, namun di sisi lain ia juga harus mendengarkan pendapat dari sang istri.

"Rumah tangga tuh isinya kesepakatan demi kesepakatan kalau menurut gue. Sepakat nggak kita berdua, kalau nggak ya jangan dijalankan, karena semua keputusan itu berdampak ke rumah tangga kita, ke istri dan suami, bahkan anak-anak, dan setiap keputusan itu harus dipertimbangkan dengan matang sekali," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya