Pangeran Harry-Meghan Markle Tuntut Foto saat Alami Kecelakaan, Paparazi Ngegas

Pangeran Harry dan istrinya Meghan Duchess of Sussex pada masa berkabung
Sumber :
  • Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP

VIVA Showbiz – Pangeran Harry dan Meghan Markle menuntut agar agen foto menyerahkan rekaman yang diambil oleh paparazi. Foto yang dimaksud merupakan momen saat paparazi melakukan pengejaran mobil Harry-Meghan yang hampir membawa bencana pada Selasa malam, 16 Mei 2023.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Kami dengan ini menuntut agar Backgrid segera memberikan kami salinan semua foto, video, dan/atau film yang diambil tadi malam oleh fotografer lepas setelah pasangan tersebut meninggalkan acara mereka dan selama beberapa jam berikutnya," tulis Duke dan Duchess of Sussex dalam surat, dikutip TMZ, Jumat 19 Mei 2023. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Namun, agensi tersebut mengeluarkan pernyataan yang menolak permintaan tersebut. Backgrid menulis suratnya sendiri yang menegaskan bahwa foto yang diabadikan tak bisa diberikan sembarangan.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

"Di Amerika, seperti yang saya yakin Anda tahu, properti adalah milik pemiliknya: Pihak ketiga tidak bisa begitu saja memintanya diberikan kepada mereka, seperti yang mungkin bisa dilakukan oleh Raja," kata sang paparazi.

Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

Agensi paparazi terus mengatakan dalam tanggapan yang berapi-api bahwa tak ada aturan mana pun yang mengharuskan paparazi memberi foto yang diabadikan pada keluarga Kerajaan. Agensi paparazi juga bersikukuh menyimpulkan bahwa Harry-Meghan perlu pengacara yang pandai dalam menangani kasus ini.

"Mungkin Anda harus duduk bersama klien Anda dan menasihati mereka bahwa aturan hak prerogatif kerajaan Inggrisnya untuk menuntut agar warga menyerahkan properti mereka kepada Putra Mahkota telah ditolak oleh negara ini sejak lama. Kami berdiri tegak oleh para pendiri kita," tambah Backgrid.

Dalam surat itu, Backgrid mencatat bahwa mereka memiliki empat fotografer, tiga di mobil dan satu di atas sepeda. Ditekankan bahwa mereka tidak berniat menyebabkan kesusahan atau bahaya, karena satu-satunya alat mereka adalah hanya kamera. Hal itu juga membantah klaim para bangsawan bahwa mereka berada dalam bahaya.

"Menurut para fotografer yang hadir, tidak ada tabrakan atau nyaris tabrakan selama insiden ini. Para fotografer telah melaporkan bahwa pasangan itu tidak berada dalam bahaya langsung, kapan saja," tulis agensi.

"Penting untuk dicatat bahwa para fotografer ini memiliki tanggung jawab profesional untuk meliput acara dan tokoh yang layak diberitakan, termasuk figur publik seperti Pangeran Harry dan Meghan Markle," sambung agensi tersebut.

Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Photo :
  • Instagram @misanharriman

Mereka juga sempat mencatat bahwa akan selalu menghargai transparansi dan etika dalam jurnalisme, termasuk memberikan tanggapan yang adil dan faktual terhadap klaim. Pihaknya juga berjanji akan terus menyelidiki insiden tersebut.

Ada pun, Harry dan Meghan, yang juga ditemani oleh ibunya Doria Ragland, terlibat dalam pengejaran mobil yang hampir membawa bencana dengan paparazi setelah menghadiri Ms. Foundation Women of Vision Awards di New York City. 

"Tadi malam, Duke dan Duchess of Sussex dan Ms. Ragland terlibat dalam pengejaran mobil yang hampir membawa bencana di tangan sekelompok paparazzi yang sangat agresif," kata juru bicara pasangan itu mengungkapkan dalam sebuah pernyataan. 

"Pengejaran tanpa henti ini, yang berlangsung selama dua jam, mengakibatkan beberapa tabrakan hampir melibatkan pengemudi lain di jalan, pejalan kaki, dan dua petugas NYPD (Departemen Kepolisian New York)," sambungnya.

"Sementara menjadi figur publik datang dengan tingkat kepentingan dari publik, itu tidak boleh mengorbankan keselamatan siapa pun. Penyebaran gambar-gambar ini, mengingat cara mereka diperoleh, mendorong praktik yang sangat mengganggu yang berbahaya bagi semua yang terlibat," tambahnya.

NYPD membenarkan kejadian tersebut. Polisi menyebut bahwa ada banyak fotografer yang mempersulit transportasi pangeran Harry dan Meghan Markle. Namun, Duke dan Duchess of Sussex tiba di tujuan mereka dan tidak ada laporan tabrakan, panggilan, cedera, atau penangkapan terkait.

Menyusul insiden tersebut, dikatakan bahwa tidak ada keluarga kerajaan Inggris yang menghubungi pasangan tersebut. Sebuah sumber mengungkapkan bahwa baik Raja Charles III dan Ratu Camilla, maupun Pangeran William dan Kate Middleton tidak pernah menghubungi Sussex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya