Masakan Rumahan, Rahasia Sehat dan Awet Muda Titiek Puspa

Titiek Puspa
Sumber :
  • VIVA / Isra Berlian

VIVA Showbiz – Penyanyi senior Titiek Puspa  telah menginjak usia 85 tahun. Meski sudah berusia lanjut, wanita yang kerap disapa eyang Titiek Puspa ini masih terlihat segar dan bugar.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Lantas rahasia apa yang membuatnya tetap sehat dan bugar di usia 80an? Diungkap Titiek Puspa dirinya selalu menerapkan hidup sehat dengan mengatur makanan yang masuk ke tubuhnya. Scroll lebih lanjut ya.

Titiek Puspa mengaku sejak usia 35 tahun selalu mengonsumsi makanan rumahan.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

“Saya dari umur 35 saya sudah mengatur hidup saya dengan cara mengatur makanan,” kata dia saat ditemui dalam acara Menuju Nol Luka Dekubitus Lansia dengan Lifree Excretion Care di kawasan Jakarta Pusat, Rabu 24 Mei 2023. 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Lebih lanjut dijelaskannya sejak di usia 35 tahun dia sudah mengurangi asupan gula, garam, minyak dan lemak. Dia juga lebih banyak mengonsumsi protein hewani terutama ikan tawar.

“Tidak makan makanan yang pakai bumbu kurang sehat. Saya itu mostly 90 persen home cooking, oseng-oseng ada sedikit minyak. Jadi saya 70 persen makan ikan tawar, 30 persen daging, ayam,” ujanya.

Masakan rumahan Tumis Pak Choi

Photo :
  • Cookpad @Iyas Utomo

Tak hanya itu saja eyang Titiek Puspa juga sudah mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuhnya. Dia mengaku hanya mengonsumsi nasi dalam jumlah dua sendok makan.

“Nasi itu cuma dua sendok ikan tawar boleh satu sayur satu piring,” ucapnya.

Tak hanya itu saja pola tidur juga mempengaruhi kesehatannya. Dia mengaku salah satu kunci dirinya memiliki kualitas tidur yang baik pada malam hari adalah penggunaan popok dewasa. 

“Kalau tidur pakai (popok dewasa) perekat. Tidur nyenyak mimpi ke surga ga ada huru hara naik turun tempat tidur kualitas tidur bagus kita jadi keliatan sehat,” kata Titiek Puspa.

Titiek Puspa.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Diungkap Titiek Puspa bahwa penggunaan popok dewasa itu sering digunakannya saat berada di luar rumah dan ketika sedang tidur di malam hari. 

“Tidak pernah pakai WC umum No karena saya sudah bawa WC sendiri. Pakai refil bisa nampung banyak ga perlu bolak balik. Masuk ke WC umum cuma untuk ganti. Duduk di WC umum Innalillahi itu bahaya banyak,” ungkapnya.

Dirinya mengaku menggunakan popok dewasa sangat membantunya terlebih di usianya saat ini sulit untuk mengontrol Urin yang keluar.

“Pernah ngompol apalagi kalau lagi ketawa,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya