Wanita Lepas Cadar di Depan Media, Ini kata Buya Yahya

Buya Yahya.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Belakangan ini sedang ramai soal istri Virgoun, Inara Rusli yang memutuskan untuk melepas cadarnya. Hal itu dilakukan lantaran dirinya ingin kembali bekerja untuk menafkahi anak-anaknya. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Inara sendiri memakai cadar setelah menikah dengan Virgoun dan kemudian memutuskan untuk berhijrah. Namun, hal tak disangka menimpa rumah tangganya dengan sang suami yang diduga selingkuh. Kini keduanya akan bercerai sehingga Inara memilih membuka cadarnya untuk kembali bekerja.

Inara Rusli putuskan buka cadar

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar
Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!
 

Menanggapi fenomena tersebut, salah satu ulama di Indonesia Buya Yahya memberikan pendapat menurut pandangannya. Menurutnya hukum cadar adalah agama, namun dalam hal ini ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda. 

Dapat Kecaman Keras, Presiden Iran Tetap Pertahankan Aturan Hijab yang Ketat

Kebanyakan mengatakan menggunakan cadar adalah sebuah keharusan wajib, namun dan sebagian kecil dari ulama mengatakan bahwa menggunakan cadar tidak wajib atau sunnah. 

“Selagi masih ada perbedaan seputar ulama ya jangan kasar-kasar, jangan kaku-kaku. Tapi secara pribadi saya ketemu dengan orang bercadar kita lebih bersyukur, lebih nyaman. Tapi kalau ada orang tidak bercadar saya tidak caci tidak olok dia karena memang ada yang mengatakan bahwa bercadar tidak wajib,” terang Buya Yahya yang dikutip dari kanal Al-Bahjah  TV pada Minggu, 28 Mei 2023. 

“Maka kami sampaikan jangan congkak dalam beragama, gara-gara sudah bercadar merendahkan yang tidak pakai cadar,” sambungnya. 

Akan tetapi, jika memang seorang perempuan yang tadinya memakai cadar dan ingin melepasnya dikatakan oleh Buya Yahya agar biasa-biasa saja tanpa perlu dengan media. 

“Kalo Anda mau pakai cadar gak pakai cadar sudahlah selesai,” kata Buya. 

“Pada dasarnya secara hukum kalau dia seorang pernah memakai cadar lalu dia memutuskan tidak pakai cadar wajar gak ada masalah,” lanjutnya. 

Penceramah Buya Yahya.

Photo :
  • Istiewa

Lebih lanjut Buya mengatakan bahwa dengan melalui media, setelah itu akan ada banyak ungkapan dari orang-orang tentang perempuan yang memutuskan melepas cadarnya itu. Namun, Buya tetap mendoakan kebaikan kepadanya dan berharap Allah tetap menjaganya. 

“Cuman saat dimediakan itu terus tujuannya untuk apa, ya kita doakan semoga Allah mengampuninya. Mungkin dia tak mengerti, karena apa yang jadi masalah  adalah ungkapan orang macem-macem,” tambah Buya. 

“Harapan Buya adalah berarti semenjak dia pakai cadar semoga Allah telah mengangkat derajatnya, kemudian setelah dia buka cadar karena dia pernah menutup dengan cadarnya semoga Allah tetap menjaganya,” tandasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya