Putus Kontrak dari SM Entertainment, Intip Perjalanan karier Baekhyun, Xiumin, dan Chen dengan EXO

Baekhyun, Xiumin, dan Chen
Sumber :
  • Soompi

VIVA Showbiz – Kabar mengejutkan datang dari boyband ternama Korea Selatan, EXO. Pasalnya, tiga member EXO yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin mengumumkan bahwa mereka telah mengakhiri kontrak dengan label SM Entertainment yang selama ini menaungi. 

Sehun EXO Diduga Hangout Bareng Pacar di Restoran

Dilansir dari Soompi, Kamis, 1 Juni 2023, Baekhyun, Xiumin, dan Chen menyampaikan pernyataan resmi mereka pada 1 Juni 2023, melalui perwakilan hukum dan pengacara mereka Lee Jae Hak dari firma hukum Lin. Scroll lebih lanjut ya.

"Sejak 21 Maret hingga baru-baru ini, ketiga anggota mengirim sertifikasi konten sebanyak tujuh kali, dan melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar untuk penyelesaian," jelas perwakilan Baekhyun, Xiumin, dan Chen, dikutip dari Soompi.

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Baekhyun, Xiumin, dan Chen melalui pernyataan tersebut memberi tahu pihak SM Entertainment mengenai pemutusan kontrak eksklusif mereka per tanggal 1 Juni 2023.

Waspada! Pneumothorax Seperti Dialami Winter aespa, Kenali Gejala dan Bahayanya

Menurut perwakilan hukum ketiga idol tersebut, SM Entertainment berusaha untuk melakukan kontrak eksklusif dengan artis yang berlaku setidaknya selama 17 atau 18 tahun. "Ini adalah SM sekali lagi yang melakukan penggunaan kekuasaan yang tidak adil terhadap artisnya," kata perwakilan hukum Baekhyun, Xiumin, dan Chen.

Sebagai informasi, selain EXO, Chen, Baekhyun, dan Xiumin juga tergabung dalam sub unit EXO yakni EXO CBX yang dibentuk pada tahun 2016 lalu. Dilansir dari berbagai sumber, Chen, Baekhyun, dan Xiumin sempat merilis soundtrack untuk drama berjudul Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo pada Agustus 2016. Lagu soundtrack itu berjudul For You.

logo SM Entertainment

Photo :

Lalu, pada awal Oktober 2016, SM mengumumkan bahwa Chen, Baekhyun, dan Xiumin akan tergabung menjadi sub unit yang merupakan sub unit pertama EXO. Pada 23 Oktober untuk pertama kalinya mereka membawakan lagu For You secara live. Sehari setelahnya diumumkan bahwa nama unit mereka adalah EXO-CBX (disingkat dari ChenBaekXi). Mini album mereka betajuk Hey Mama! dirilis pada 31 Oktober 2016.

Selain itu, ketiganya juga tergabung dengan EXO bersama anggota yang lain seperti Kai, DO, Sehun, Chanyeol, dan yang lainnya. EXO sendiri debut pada tahun 2012 dan telah berhasil mencetak lagu dan album yang sukses besar di pasar musik Korea hingga global. 

Album pertama EXO bertajuk XOXO dirilis pada tahun 2013 lalu. Sejak saat itu, EXO rutin merilis album musik untuk para penggemar seperti Exodus pada tahun 2015, Ex'Act pada tahun 2016, The War pada tahun 2017, dan yang lainnya. Mereka juga merilis mini album.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya