Chen, Baekhyun dan Xiumin Putus Kontrak dengan SM, Gimana Nasib Comeback EXO?

EXO-CBX
Sumber :
  • SM Entertainment

VIVA Showbiz – Tiga member EXO yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin secara mengejutkan mengumumkan untuk memutuskan kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment, selaku agensi yang menaungi EXO. Di tengah kabar tersebut, penggemar tidak sedikit yang bertanya-tanya tentang bagaimana nasib comeback EXO di tahun 2023 ini.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Sebelumnya, pada awal tahun pasca penyelenggaraan konser SMCU Palace @KWANGYA yang disiarkan di channel YouTube SM Entertainment, Suho leader dari EXO sempat mengunggah foto penampilan EXO dengan formasi tujuh personel. Dalam unggahannya itu, Suho menyebut bahwa tahun 2023 ini EXO akan comeback dengan full member.

Personel EXO di album baru

Photo :
  • SM Entertainment/Soompi
Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Namun sayangnya di tengah rencana comeback itu, beberapa waktu lalu, secara mendadak SM Entertainment mengumumkan Kai EXO akan menjalani wajib militer. Sementara itu, pada awal bulan ini ketiga member EXO Chen, Bekhyun dan Xiumin memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka.

Lantas, bagaimana rencana comeback EXO? Melansir laman, Soompi, Sports Seoul melaporkan bahwa syuting untuk video musik EXO yang dijadwalkan pada 2 Juni akan ditunda untuk sementara. Lebih lanjut, mereka mengabarkan bahwa sudah ada video musik yang sudah selesai syuting.

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Menanggapi laporan tersebut, sumber dari SM Entertainment menyatakan, “Syuting video musik akan dilakukan sesuai jadwal dengan tujuh anggota EXO. Kai baru-baru ini mendaftar di militer untuk menyelesaikan layanan wajibnya,” kata salah satu sumber dari SM Entertainment.

Sebelumnya, melalui pengacara ketiga member EXO yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin merilis pernyataan yang mengungkap niat mereka untuk hengkang. Dalam yang dirilis oleh pengacara member itu menuduh label membuat artis menandatangani kontrak budak.

Menurut perwakilan hukum, SM Entertainment berusaha untuk melakukan kontrak eksklusif dengan artis yang berlaku setidaknya selama 17 atau 18 tahun.

Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO.

Photo :
  • Koreaboo

"Seakan kontrak 12-13 tahun tidak cukup buruk, label berusaha membuat artis menandatangani selama 17-18 tahun. Ini adalah penyalahgunaan kekuasaan oleh SM yang tidak adil terhadap artisnya," kata Pengacara untuk Baekhyun, Xiumin, dan Chen mengutip laman Koreaboo.

Sementara itu, menurut laporan Yonhap News, para member juga telah meminta penghitungan penuh atas aktivitas mereka dan pendapatan yang dihasilkan sejak Maret, tetapi SM Entertainment belum memberikannya.  

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga member EXO itu mengirim sertifikasi konten sebanyak tujuh kali, dan melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian," lanjut perwakilan tersebut melansir laman Soompi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya