Ketiak Dicibir Tak Mulus, Yura Yunita Sindir Balik: Itu Natural Banget

Yura Yunita
Sumber :
  • dok pri

Jakarta – Yura Yunita dengan lantang menggaungkan agar para perempuan percaya diri dengan bentuk tubuhnya, termasuk warna dan tekstur kulit ketiaknya. Sempat viral dicibir gegara ketiaknya dianggap tak mulus, penulis lagu asal Bandung itu justru bertekad melawan stigma standar kecantikan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Pelantun Cinta dan Rahasia ini menilai bahwa sejak awal berkarier di industri hiburan, Yura Yunita sudah merasakan ketimpangan yang ada. Salah satunya, bentuk tubuh para perempuan yang dianggap lebih diprioritaskan ketimbang karya atau prestasi yang dimiliki sehingga berlomba-lomba menjadi sempurna di mata publik. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

"Nyata adanya bahwa kadang perempuan saat mau berkarier dilihat dari fisik. Padahal bisa dilihat dari prestasi, aspirasi, karyanya, tapi dari 10 tahun lalu (berkarier) sampai sekarang masih ada yang bandingin sama standar yang ada di society. Tolak ukur standar sempurna mau sampai mana?" tegas Yura Yunita dalam Exclusive Media Gathering: Bincang Intim Bersama Dove dan Yura Yunita Soal Perempuan dan 'Kesempurnaan' Ketiaknya, di Jakarta, Selasa 6 Juni 2023.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Pola pikir para perempuan Indonesia kerap mengacu pada standar kecantikan yang dibentuk oleh lingkungan. Hal itu pula yang dirasakan Yura Yunita sejak awal mengenali bentuk tubuhnya yang jauh dari standar kecantikan perempuan Indonesia yang harus sempurna, termasuk tampilan kulit ketiak sekalipun.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

"Terjadi sama aku dulu. Kok badan aku beda banget sama beauty standard di media karena di media selalu memperlihatkan sesuatu yang sempurna dan mulus, seperti ketiak. Ketiak pasti ada pori-pori, garis-garis, itu wajar banget," kata pemilik nama lengkap Yunita Rachman itu.

Yura menambahkan bahwa standar kecantikan yang difokuskannya selama ini telah melekat sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga beranjak remaja di bangku sekolah menengah atas. Standar kecantikan ala perempuan Asia yang harus memiliki kulit kuning langsat dan mulus, bahkan ketiak yang tanpa noda, membuat kepercayaan diri Yura Yunita menurun. Namun kini, pelantun Dunia Tipu Tipu itu akhirnya menyadari bahwa 'kekurangan' di ketiak yang dimilikinya adalah hal yang alami.

"Aku yakin siapa pun yang ketiaknya mulus di kamera, kalau dilihat langsung dengan mata kepala sendiri, itu pori-porinya masih ada, masih ada garis lipatan kaya gini (telapak tangan). Itu natural banget dan human nature," tambahnya.

Lebih dalam, Yura Yunita pun menjelaskan bahwa ketiaknya yang tak mulus bukan berarti tak dirawat dengan baik. Ia bahkan kerap melakukan waxing dan tak pernah asal membersihkan bagian ketiaknya dengan scrub agar tak tergores sehingga tetap lembut serta sehat.

"Aku kalau waxing nggak inget waktunya. Kalau udah tumbuh bulu-bulu halus, itu udah waktunya waxing di rumah. Udah deh abis itu pakai deodoran selesai. Pakai wax apapun dan abis itu deodoran, nggak perih," imbuhnya.

Yura

Photo :
  • 1369253

Bicara soal deodoran, Yura Yunita mengaku tak pernah kelupaan memakainya karena sering menjalani olahraga berat yang membuat tubuhnya produksi keringat berlebihan. Terlebih, Yura Yunita enggan membuat orang di dekatnya tak nyaman dengan bau badan usai berkeringat sehingga selalu membawa deodoran ke mana pun beraktivitas.

"Alhamdulillah nggak pernah (bau badan) apalagi kerjaan hari-hari ketemu orang. Apalagi kalau udah ekstra ya. Aku suka banget tenis, olahraga, olahraga berat, wanti-wanti kalau olahraga berat pasti berkeringat dan ada aroma-aroma hmmm (bau) jadi pakai ini (deodoran) sih biar aroma tetap harum," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya