Jadi Saksi di Pengadilan, Pangeran Harry Sebut Media Inggris 'Bermandikan Darah'

Pangeran Harry.
Sumber :
  • Harpo Productions/Joe Pugliese

Jakarta – Pangeran Harry dengan sigap menjalani kasusnya melawan Media Mirror Group. Hadir sebagai saksi, suami Meghan Markle itu menyebutkan dalam keterangan tertulis bagaimana peran media di Inggris yang harus memberitakan sebuah kabar sembari bermandikan darah di jarinya.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Pada Selasa, Duke of Sussex itu melangkah keluar di Pengadilan Tinggi Royal Courts of Justice di London untuk bersaksi melawan Media Mirror Group (MGN) atas dugaan pengumpulan  informasi yang melanggar hukum. Pangeran berusia 38 tahun itu meluncurkan klaim pada 2019, menuding bahwa pesan suara teleponnya diretas. MGN adalah penerbit dari media Daily Mirror, Sunday Mirror, Daily Express, dan lainnya. Scroll untuk info selengkapnya

Pangeran Harry disambut oleh pengacaranya ketika dia tiba di Gedung Rolls Pengadilan Tinggi. Dalam pernyataan saksinya yang dirilis Selasa, Duke of Sussex mengatakan bahwa tabloid akan secara rutin menerbitkan artikel tentangnya, namun seringkali salah. Meski diselingi dengan potongan fakta kebenaran, yang menurutnya, kemungkinan besar diperoleh dari penyadapan pesan suara dan atau pengumpulan informasi yang melanggar hukum.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

"Saya benar-benar merasa bahwa dalam setiap hubungan yang pernah saya jalani - baik dengan teman, pacar, dengan keluarga atau dengan tentara, selalu ada pihak ketiga yang terlibat, yaitu pers tabloid," katanya dalam keterangan saksi, dikutip People, Rabu 7 Juni 2023. 

Semangat Kate Middleton Lawan Kanker: Pengobatan Berjalan Lancar

"Setelah melihat saya tumbuh dari bayi (terlahir dalam 'hubungan kontraktual' ini tanpa pilihan apa pun) dan mengamati setiap gerakan saya, tabloid telah mengetahui tantangan dan perjuangan kesehatan mental yang harus saya hadapi sepanjang masa kecil dan dewasa saya. hidup dan bagi mereka untuk kemudian memainkannya dan menggunakannya untuk keuntungan mereka sendiri, saya pikir, yah ini kriminal," sambungnya.

Di antara mereka yang disebutkan dalam pernyataan saksi sebagai orang yang sering bertukar pesan suara dengan Pangeran Harry adalah saudara laki-lakinya Pangeran William, ayahnya Raja Charles, ibunya Putri Diana dan mantan pacarnya Chelsy Davy.

Pangeran Harry juga merinci aktivitas telepon yang tidak biasa, termasuk mendengarkan pesan suara untuk pertama kalinya yang tidak terdaftar di telepon sebagai pesan baru. 

"Saya tidak akan masuk ke voicemail saya kecuali simbol amplop kecil muncul di ponsel saya yang menandakan bahwa saya memiliki pesan baru. Kadang-kadang simbol ini menghilang sebelum saya memiliki kesempatan untuk mendengarkan pesan suara," tambahnya.

Di kursi saksi, Pangeran Harry diperiksa oleh pengacara MGN, Andrew Green. Harry, adalah anggota kerajaan yang pertama kali dipanggil di pengadilan sebagai "Duke of Sussex" kemudian sebagai "Pangeran Harry".

Pangeran

Photo :
  • 1435668

"Setiap artikel telah membuat saya tertekan," kata dia.

Harry mengklaim bahwa perilaku orang-orang di sekitarnya berubah karena isi artikel tersebut. Harry juga menyatakan bahwa koran selalu ada di setiap istana, sayangnya, Pangeran Harry berkata bahwa dia melihat banyak artikel pada saat itu dan ia dibuat sadar oleh reaksi orang lain. Ayah dua anak itu bahkan menambahkan bahwa pers begitu menyiksanya.

"Pers memiliki "darah di tangan mereka" untuk rasa sakit yang mereka sebabkan," kata Harry.

Pada satu titik, Green menunjuk ke sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2000 tentang Pangeran Harry pergi ke gastropub London. Ia mengatakan bahwa ada cara lain yang mungkin dipelajari surat kabar tentang jalan-jalan di samping metode yang melanggar hukum, seperti anggota masyarakat yang melaporkan informasi tersebut, bukan sekedar opini semata.

"Saya tidak percaya bahwa sebagai saksi adalah tugas saya untuk mendekonstruksi artikel atau dapat menjawab bagian mana yang diperoleh secara tidak sah dan mana yang tidak. Saya pikir jurnalis itu sendiri yang harus melakukan itu," tambahnya.

Mengenai cerita tentang Pangeran Harry yang jempolnya patah saat di sekolah, Duke of Sussex mengatakan dalam pernyataan saksi bahwa tingkat detail dalam cerita itu sangat mengejutkan. Ketika Green bertanya kepadanya telepon siapa yang telah diretas untuk mendapatkan informasi tersebut, Harry menyadari itu adalah telepon dokter.

Meghan

Photo :
  • 1454733

Ketika Green mengatakan bahwa Harry sekarang berada dalam bayang-bayang opini semata, sang pangeran menjawab bahwa dirinya sangat yakin akan apa yang diyakininya. Dia menambahkan bahwa jurnalis diharapkan dapat menjelaskan bagaimana dia mendapatkan informasi itu.

"Saya tidak percaya begitu," tambahnya.

Setelah istirahat makan siang, Green mengatakan sebuah cerita tentang Pangeran Harry yang terjangkit demam kelenjar mengutip juru bicara istana dan muncul di artikel dari surat kabar lain.

"Aku melihat kesamaannya (sumber diretas).. tapi hal lain akan menjadi spekulasi," kata Harry di kursi saksi.

Green juga mempertanyakan cerita tentang Pangeran Harry yang dinobatkan sebagai ayah baptis untuk anak mantan pengasuhnya, karena berita tersebut muncul di The Sunday Times seminggu sebelum artikel yang dimaksud.

"Sekali lagi, saya melihat kesamaannya," kata Harry

Harry tidak muncul di pengadilan pada hari Senin, sehari setelah ulang tahun kedua putrinya dan Meghan Markle, Putri Lilibet. Putra bungsu Raja Charles membuat sejarah saat dia menentang kelompok surat kabar itu. Menurut Reuters, Pangeran Harry menjadi anggota terkemuka pertama dari keluarga kerajaan Inggris yang memberikan kesaksian di pengadilan dalam 130 tahun. 

Kerajaan terakhir yang melakukannya adalah Raja Edward VII, yang bersaksi sebagai saksi dalam perceraian kasus pada tahun 1870 dan lagi dalam sidang fitnah atas permainan kartu pada tahun 1890 sebelum menjadi Raja.

Duke of Sussex adalah salah satu dari empat "perwakilan" penggugat yang dipilih sebagai "uji kasus" dari kelompok yang lebih besar dari tokoh terkenal yang menggugat penerbit, The Independent sebelumnya melaporkan. Penggugat lain yang dipilih untuk diadili adalah aktris Nikki Sanderson, aktor Michael Turner dan Fiona Wightman, mantan istri komedian Paul Whitehouse.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya