Usai Kemoterapi, Nunung Curhat Kukunya Berubah 'Gosong'

Nunung dan Andre Taulany
Sumber :
  • Tangkapan layar

JAKARTA – Komedian Nunung Srimulat kembali menjalani terapi usai divonis mengidap kanker payudara beberapa waktu lalu. Setelah kemoterapi yang kesekian kalinya, Nunung mengaku mengalami efek samping yang tak pernah dialami sebelumnya dengan perubahan warna pada kuku jarinya.

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Pemilik nama lengkap Tri Retno Prayudati ini mengaku mengalami sejumlah perubahan pada tubuhnya lantaran melakukan kemoterapi pada 14 Agustus 2023 lalu. Kemoterapi yang dijalani ini sudah keenam kalinya sejak pertama ia didiagnosis kanker payudara. Dampaknya kini sangat terasa pada bagian kuku jari. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

"Biar enggak gosong-gosong. Aku kan kukunya udah kena tuh, biru-biru semua, efek dari kemo. Makanya perbanyak jus,” ujar pelawak asal Surakarta itu, baru-baru ini.

Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

Jus yang dimaksud berasal dari buah dan sayur yang rutin dikonsumsi Nunung sejak didiagnosa kanker payudara. Meski perubahan terjadi pada kukunya, Nunung bersyukur dengan rutin konsumsi jus tersebut membuat area tubuh lainnya tak merasakan dampak serupa.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Alhamdulillah, badannya enggak kena karena konsumsi jus terus," imbuh istri Iyan Sambiran itu.

Komedian berusia 60 tahun itu membeberkan bahwa pola makannya kini menjadi lebih baik dibanding dulu. Untuk minuman jus sendiri, Nunung menyebutkan bahwa kerap dikonsumsinya berkali-kali dalam sehari dan dianggap sebagai menu wajib.

"Makanan sekarang banyak jus ya. Sehari minum lima sampai tujuh kali, enggak apa-apa," kata komedian bertubuh gempal itu.

Nunung merinci sejumlah buah yang dipilihnya untuk dibuat jus dan dikonsumsi sehari-hari. Menurutnya, pilihan buah itu mudah ditemukan dan disantapnya usai diblender. Pilihan buah sendiri, bagi Nunung, mencari dengan kandungan zat radikal bebas yang tinggi.

"Bisa jus brokoli, wortel, apel. Pokoknya apa yang bisa di jus," tutur pemain sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu.

Nunung, komedian

Photo :
  • Instagram @nungers63.id

Sebelumnya, Nunung bercerita mengenai perasaannya saat ini karena kemoterapi yang dijalaninya telah selesai. Nunung juga telah menjalani operasi pengangkatan kanker.

Rasa syukurnya semakin bertambah karena proses kemoterapi yang dijalani Nunung berjalan dengan lancar tanpa kendala. Saat ini, Nunung mengaku kondisinya sudah semakin membaik dan bisa kembali aktif bekerja seperti sebelumnya. 

"Ya, lancar-lancar aja sih gak ada apa-apa sekarang juga baik-baik aja. Alhamdulillah baik sudah baik lah. Sudah gak sakit," ucap Nunung. 

Tidak hanya itu, karena kemoterapi, Nunung juga mengalami kebotakan dan harus mengenakan rambut palsu alias wig. Sebenarnya, rambut Nunung sempat tumbuh namun tidak lama rontok lagi dan jadi botak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya