Terbukti Bebas Narkoba, G-Dragon Sudah Boleh Pergi ke Luar Negeri

G-Dragon
Sumber :
  • Instagram @koreadispatch

KOREA SELATAN – Kasus dugaan penyalahgunan obat-obatan terlarang G-Dragon memasuki babak baru. Setelah mantan anggota BIG BANG itu dinyatakan negatif dari semua tes sederhana maupun mendalam narkoba, kini polisi telah mencabut larangan perjalanan ke luar negeri terhadap sang idola.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Menurut kalangan hukum pada tanggal 27 November, unit investigasi kejahatan narkoba dari Badan Kepolisian Metropolitan Incheon memutuskan untuk tidak memperpanjang larangan perjalanan ke luar negeri terhadap G-Dragon, yang telah berakhir pada tanggal 25 November.

Melansir KBIZoom, polisi tidak mengirimkan permintaan perpanjangan larangan perjalanan ke luar negeri ke Kementerian Kehakiman baru-baru ini, dan pihak G-Dragon juga diberitahu tentang pencabutan larangan perjalanan ke luar negeri.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

G-Dragon sebelumnya didakwa atas tuduhan terkait narkoba berdasarkan Undang-Undang Pengendalian Narkotika dan menerima larangan bepergian ke luar negeri pada tanggal 26 Oktober, yang kini telah dicabut setelah sekitar satu bulan penyelidikan berlangsung.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Namun, polisi dilaporkan tetap meminta Kementerian Kehakiman untuk memperpanjang larangan perjalanan bagi aktor Lee Sun Kyun, yang hingga saat ini sedang diselidiki atas tuduhan mengonsumsi ganja dan pengobatan psikiatris berdasarkan Undang-Undang Pengendalian Narkotika.

Menurut Undang-Undang Pengendalian Imigrasi, Menteri Kehakiman dapat melarang keberangkatan hingga satu bulan untuk penyelidikan kriminal. Jika larangan perjalanan perlu dilanjutkan setelah satu bulan tersebut, lembaga investigasi yang berwenang harus mengajukan permohonan perpanjangan kepada Kementerian Kehakiman dengan menyebutkan alasan perpanjangan dan perkiraan jangka waktu perpanjangan.

Ada spekulasi bahwa arah penyelidikan akan berubah ketika keputusan terhadap G-Dragon dan Lee Sun-kyun berbeda. Keduanya dinyatakan negatif dalam pemeriksaan rinci Badan Forensik Nasional tetapi sepertinya polisi hanya akan melanjutkan penyelidikan terhadap Lee Sun Kyun, yang bertukar pesan teks dengan direktur perusahaan hiburan A, sementara kasus G-Dragon kemungkinan besar akan berakhir karena ada tidak ada bukti.

Yakin dirinya tak terlibat dalam kasus narkoba ini, G-Dragon juga sudah datang secara suka rela ke kantor polisi untuk memberikan pernyataan. Dengan santainya, G-Dragon meyakinkan publik bahwa hasil tesnya pasti negatif mengingat ia memang tidak pernah mengonsumsi narkoba.

Saya tidak daa hubungannya dengan kejahatan narkoba (seperti yang dituduhkan terhadap saya). Saya di sini untuk mengungkapkan hal tersebut,”kata G-Dragon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya