Pernah Tembus Bermain Serial Hollywood, Begini Perjalanan Karier Yayu Unru

Yayu Unru.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Dunia industri perfilman Tanah Air sedang berduka, aktor senior Yayu Unru dikabarkan meninggal dunia tepat pada hari ini Jumat, 8 Desember 2023. Yayu Unru menghembuskan napas terakhir di tengah-tengah proses pemulihan kesembuhannya usai mengalami serangan jantung.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Di mana menurut sang istri, Nita Unru kondisi suaminya tersebut sudah berangsur membaik dari sebelumnya. Aktor senior Indonesia ini meninggal di usianya yang ke-61 tahun. Kabar meninggalnya Yayu Unru ini pun dibagikan oleh pihak keluarga melalui pesan berantai melalui WhatsApp.

“Telah berpulang ke Rahmatullah, Jumat jam 07.05, almarhum Andi Wahyuddin Unru bin Andi Unru,” tulis pesan tersebut.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Jenazah mendiang Yayu Unru dikabarkan akan disemayamkan lebih dulu di rumah duka yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta. Meninggalnya Yayu Unru sontak meninggalkan luka yang mendalama bagi pihak keluarga maupun rekan-rekan dari artis Tanah Air.

Untuk mengenang sosok Yayu Unru, berikut ini kami bagikan sepak terjang selama ia berkarier dalam dunia industri perfilman Indonesia yang telah kami himpun dari berbagai sumber.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Pernah Mengajar Akting

Memiliki jam terbang yang sudah tidak diragukan lagi di dunia seni peran, membuat sosok mendiang dipercaya untuk memberikan pembelajaran terkait akting. 

Yayu Unru merupakan sosok di balik pelatih akting para pemain film Di Balik 98 (2015), A Man Called Ahok (2018), Sobat Ambyar (2021), Mencuri Raden Saleh (2022), hingga Noktah Merah Perkawinan (2022).

Pernah Tembus ke Kancah Hollywood

Karier Yayu Unru di dunia seni peran dari waktu ke waktu semakin terus berkembang pesat hingga sosoknya pernah tembus ke Hollywood lewat series bertajuk The Last of Us. 

Series tersebut diadaptasi dari video game dengan judul yang serupa, serta disutradarai oleh Craig Mazin dan Neil Druckman.  Di mana series ini mengupas tentang misi pertahanan hidup setelah 20 tahun dunia mengalami pandemi jamur cordyceps yang masif. 

Di mana jamur itu bisa mengubah seseorang menjadi makhluk seperti zombie yang memburu serta menginfeksi banyak manusia hingga berperilaku agresif dan meninggal.  Series tersebut sempat viral lantaran Jakarta disebutkan menjadi pusat dari infeksi jamur cordyceps.  

Dalam seriesnya itu, Yayu tidak sendiri ada artis senior lainnya seperti Christine Hakim juga memimbintangi series ini. Dalam film ini, Yayu berperan sebagai seorang jenderal TNI bintang 3 bernama Letnan Jenderal Agus Hidayat. Dirinya berkesempatan untuk beradu akting dengan dua bintang Hollywood, yaitu Pedro Pascal dan Bella Ramsey.

Aktor Yayu Unru

Photo :
  • Instagram

40 Tahun di Dunia Seni Peran

Pemilik nama lengkap Andi Wahyuddin Unru atau yang akrab disapa Yayu Unru merupakan pria keturunan Bugis yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 4 Juni 1962.

Memiliki ketertarikan di bidang seni peran, bapak tiga anak ini menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta dan mulai terjun di industri hiburan Indonesia lewat film Demam Tari pada tahun 1985.

Sepanjang kariernya, Yayu Unru sudah banyak membintangi berbagai jenis judul film layar lebar dari berbagai genre. Yayu juga pernah dianugerahi penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Pria terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2014. 

Dari ajang penghargaan tersebut, Yayu Unru kembali membawa pulang piala penghargaan kategori serupa untuk aktingnya dalam film Posesif. Tak sampai di situ, di tahun 2023 ini Yayu ternyata juga pernah dilibatkan dalam sebuah project serial televisi drama pasca-apokaliptik Amerika bertajuk The Last of Us sebagai Letnan Jenderal Agus Hidayat. Selain itu, Yayu Unru juga bermain di sejumlah judul serial web dan FTV Tanah Air.

Yayu Unru.

Photo :
  • Instagram

Bermain di Berbagai Judul Film

Memiliki sepak terjang yang tinggi, mungkin belum ada yang tahu bahwa Yayu memulai kariernya dengan membintangi film Demam Tari (1985). 

Dari situ baru, Yayu Unru mulai berkembang dengan sederet film hits lainnya. Berikut deretan film yang pernah dilakoni Yayu Unru.

1.Mengaku Rasul (2008).
2. Sebut saja Sang Pemimpi (2009),
3. Lovely Man (2011),
4. Sang Penari (2011),
5. Something in the Way (2013)
6. Headshot (2016),
7. Posesif (2017),
8. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2014),
9. Ratu Ilmu Hitam (2019)
10. Keluarga Cemara 2 (2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya