Vin Diesel Digugat Asistennya Atas Tuduhan Pelecehan Seksual

Vin Diesel.
Sumber :
  • Instagram/vindiesel

VIVA Showbiz – Mantan asisten aktor Vin Diesel mengajukan gugatan di Los Angeles dengan tuduhan bahwa bintang Fast & Furious itu melakukan pelecehan seksual terhadapnya saat dia bekerja untuknya pada musim gugur di tahun 2010, selama pembuatan film franchise Fast & Furious ke lima, Fast Five.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Pengacara Diesel, Bryan Freedman, menanggapi dengan pernyataan berikut: “Biar saya perjelas: Vin Diesel dengan tegas menyangkal klaim ini secara keseluruhan. Ini adalah pertama kalinya dia mendengar tentang klaim berusia lebih dari 13 tahun yang dibuat oleh seorang karyawan yang konon bekerja selama 9 hari. Ada bukti jelas yang sepenuhnya membantah tuduhan aneh ini,” ujarnya, melansir Vanity Fair, Jumat. 22 Desember 2023.

Dalam gugatan tersebut, penggugat yang bernama Asta Jonasson menyatakan bahwa dia dipekerjakan oleh perusahaan Diesel, One Race, untuk bekerja untuk aktor tersebut di lokasi di Atlanta, tempat Fast Five sedang diproduksi.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Vin Diesel

Photo :
  • IG @vindiesel

Gugatan tersebut menggambarkan Jonasson sebagai lulusan program sekolah film pada saat itu, yang tanggung jawab pekerjaannya termasuk mengorganisir pesta, menemani Diesel ke pesta, dan memastikan bahwa dia berada dalam jarak fisik yang dekat dengannya jika ada foto dirinya diambil bersama wanita ketika dia menghadiri acara tanpa kekasih lamanya (yang kini telah menjadi istrinya).

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Gugatan tersebut menyatakan bahwa pada suatu malam di bulan September 2010, Jonasson diminta menunggu di kamar Diesel di hotel St. Regis sementara dia menjamu nyonya rumah yang dia bawa kembali dari sebuah klub.

Setelah wanita lain pergi, klaim gugatan tersebut, Diesel “meraih pergelangan tangan Ms. Jonasson, satu dengan masing-masing tangannya, dan menariknya ke tempat tidur.” Dia memintanya untuk berhenti, melepaskan diri dari genggamannya, dan menunggu di pintu depan kamar sampai dia pergi.

Sebaliknya, menurut tuntutan hukum, dia kembali mendekati Jonasson dan mulai meraba-raba payudaranya dan mencium dadanya, meskipun dia meminta untuk berhenti.

"MS. Jonasson takut untuk menolak atasannya secara lebih paksa, karena mengetahui bahwa mengeluarkannya dari ruangan itu sangat penting bagi keselamatan pribadinya dan keamanan pekerjaannya,” lanjut gugatan tersebut.

“Tetapi harapan ini pupus ketika Vin Diesel berlutut, mendorong gaun Ms. Jonasson hingga ke pinggangnya, dan menganiaya tubuhnya, mengusap kaki bagian atas Ms. Jonasson, termasuk paha bagian dalam.”

Menurut gugatan tersebut, begitu Diesel bergerak untuk menurunkan celana dalamnya, Jonasson berteriak dan berlari menyusuri lorong menuju kamar mandi, di mana Diesel menjepitnya ke dinding, meletakkan tangannya di penisnya yang sedang ereksi, bahkan ketika dia menolak secara lisan.

Dia melakukan masturbasi, menurut tuntutan tersebut, “sambil ketakutan, Ms. Jonasson menutup matanya, mencoba untuk melepaskan diri dari pelecehan seksual dan menghindari kemarahannya.”

Menurut gugatan tersebut, ini bukan insiden tidak pantas pertama yang terjadi saat Jonasson bekerja untuk Diesel. Hanya beberapa hari sebelumnya, menurut gugatan Jonasson, supervisor One Race lainnya memanggilnya ke kamarnya sendiri di St. Regis saat dia sedang bertugas, di mana dia melepas bajunya, naik ke tempat tidur, dan berkata, "Kemarilah." Namun, Jonasson segera keluar kamar

Selain pelecehan seksual, gugatan tersebut juga menuntut, antara lain, diskriminasi berdasarkan jenis kelamin/gender, penderitaan emosional yang disengaja, lingkungan kerja yang tidak bersahabat, pemutusan hubungan kerja yang tidak sah, dan pembalasan.

Ia juga menuduh Diesel dan produksinya melakukan upaya menutup-nutupi dan menyatakan bahwa Jonasson “telah menderita dan terus menderita penghinaan, tekanan emosional, serta rasa sakit dan penderitaan mental dan fisik.”

Menurut gugatan tersebut, setelah menandatangani perjanjian kerahasiaan ketika dia mengambil posisi di One Race, Jonasson tetap diam selama tahun-tahun berikutnya. Gugatan tersebut mengatakan bahwa dia dapat mengajukan klaim tersebut berkat Speak Out Act, yang mencegah penegakan perjanjian kerahasiaan dalam kasus penyerangan dan pelecehan seksual, dan AB2777 California, yang untuk sementara mengesampingkan undang-undang pembatasan atas tuduhan pelecehan seksual yang terjadi pada tahun 2009.

Vin Diesel.

Photo :
  • Instagram/vindiesel

Gugatan tersebut juga menyatakan bahwa dia diberdayakan oleh gerakan #MeToo dan Time's Up, yang menginspirasinya untuk “mendapatkan kembali hak pilihan dan keadilan atas penderitaan yang dia alami di tangan Vin Diesel dan One Race.”

Jonasson kemudian bekerja di industri hiburan sebagai asisten dan koordinator produksi, di antara peran lainnya.

Diesel, yang lahir dengan nama Mark Sinclair, terkenal karena perannya sebagai Dominic Toretto dalam franchise Fast & Furious dan suara Groot dalam film Guardians of the Galaxy. Dia dan saudara perempuannya Samantha adalah produser di beberapa film Fast & Furious.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya