VIVAReplay 2023

Perceraian Paling Menghebohkan Sepanjang 2023

Irish Bella dan Ammar Zoni.
Sumber :
  • Instagram @_irishbella_

JAKARTA – Tahun 2023 mungkin menjadi tahun yang kurang menyenangkan bagi sejumlah pasangan selebritis tanah air. Di tahun 2023 ini sejumlah pasangan selebritis secara mengejutkan memutuskan untuk bercerai di tahun ini. Bahkan perceraian mereka ada yang dibumbui dengan sejumlah intrik. Mulai dari isu perselingkuhan hingga Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Seperti apa? Berikut ini rangkuman kabar perceraian selebritis tanah air di tahun 2023 yang ramai jadi sorotan masyarakat.

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

1. Shandy Aulia dan David Herbowo

Shandy Aulia dan David Herbowo

Photo :
  • Instagram/shandyaulia
Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella Mendadak Dijodohkan, Ini Respons Umi Pipik

Rumah tangga Shandy Aulia dan David Herbowo harus kandas di tengah jalan. Usai Shandy Aulia mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada April 2023 lalu. Keduanya akhirnya resmi bercerai menyusul dengan keputusan ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 12 Juli 2023. 

12 tahun membina rumah tangga, ternyata diketahui butuh waktu sampai sekitar 1-2 tahun untuk Shandy Aulia  dalam mempertimbangkan apakah dirinya sebaiknya bercerai atau tidak. Alasan Shandy Aulia memilih bercerai ternyata berkaitan dengan karakter.

Pertama Kali Sejak Menjanda, Irish Bella Gak Kesepian Rayakan Ulang Tahun Tanpa Ammar Zoni

Sebelumnya pada tahun 2021, Hubungan Shandy Aulia dan David Herbowo pernah diterpa isu perceraian. Banyak netizen yang menduga setelah Shandy Aulia menghapus kata 'Wifi' di profil Instagramnya. Selain itu, keduanya pun sudah jarang terlihat di media sosial.

Sebagai informasi, Shandy Aulia dan David Hebowo menikah pada tahun 2011 lalu. Dari pernikahannya itu, Shandy Aulia dan David Herbowo dikaruniai seorang putri yang lahir pada 12 Februari tahun 2020 lalu yang diberi nama Claire Herbowo.

2. Venna Melinda dan Ferry Irawan

Venna Melinda dan Ferry Irawan

Photo :
  • IG @vennamelindareal

Perceraian Venna Melinda dan Ferry Irawan sempat menghebohkan publik. Mengingat keduanya yang selalu tampil bucin di berbagai kesempatan. Namun setahu menjalani biduk rumah tangga, keduanya memutuskan untuk bercerai setelah Venna Melinda mendapatkan tindakan KDRT dari Ferry Irawan. KDRT yang dilakukan Ferry Irawan terhadap Venna Melinda terjadi di sebuah hotel di Kediri, Jawa Timur, pada 8 Januari 2023. Peristiwa itu terjadi di dalam kamar, sehingga tak ada saksi yang melihat kejadian tersebut. Akibat peristiwa itu, Venna Melinda mengalami sejumlah luka serius di bagian wajahnya. Bahkan dari foto yang beredar di kalangan wartawan hidung Venna Melinda mengeluarkan darah saat insiden tersebut terjadi.

Setelah kasus tersebut, Venna Melinda menyatakan bakal gugat cerai suaminya itu. Namun pada akhirnya, Ferry Irawan mendaftarkan gugatan talak cerai terhadap Venna Melinda ke PA Jakarta Selatan pada Selasa 7 Februari dengan nomor perkara PA.JS-07022023WKX. Tak ada permintaan harta gana-gini dalam gugatan tersebut. Ferry disebut menjatuhkan talak karena merasa harkat martabatnya direndahkan Venna.

Pada saat bersamaan, Venna juga mengajukan gugatan cerai terhadap Ferry. Taslimah selaku Humas Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan mengungkapkan bahwa keduanya mengajukan perceraian di hari yang sama. Majelis hakim kemudian menyatukan gugatan talak cerai Ferry Irawan dan gugatan cerai Venna Melinda menjadi satu perkara karena mengandung perkara dan objek yang sama, yakni perceraian Ferry dan Venna. Keduanya resmi bercerai pada 8 Maret 2023, hal tersebut diputuskan Pengadilan Agama Jakarta Selatan lewat sidang online atau e-court.

3. Ari Wibowo dan Inge Anugrah

Ari Wibowo dan Inge Anugrah

Photo :
  • Instagram @ariwibowo_official

Perceraian yang cukup menghebohkan di tahun 2023 adalah perceraian Ari Wibowo dan Inge Anugrah. Nampak ‘adem ayem’ keduanya memutuskan untuk bercerai setelah 17 tahun membina rumah tangga. Ari Wibowo dan Inge Anugrah resmi bercerai pada Rabu, 13 September 2023.  Menyusul Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) telah mengabulkan permintaan Ari Wibowo atas gugatan cerai terhadap Inge Anugrah. 

Perceraian keduanya ini juga diketahui cukup lama dan menimbulkan banyak intrik diantara keduanya. Disebut-sebut Inge Anugrah memiliki pria idaman lain hingga anak Inge yang disebut pernah melihat ibunya berselingkuh. Tak hanya itu saja, perceraian ini juga sempat ramai lantaran selama 17 tahun menikah, Ari Wibowo disebut cukup pelit terhadap Inge Anugrah. Bahkan selama menikah diketahui Inge Anugrah tidak memiliki tabungan sama sekali. 

Inara Rusli dan Virgoun.

Photo :
  • Kolase Instagram.

Pernikahan yang telah dibangun selama 9 tahun lamanya ini juga harus kandas. Pernikahan keduanya yang sudah dikaruniai tiga orang anak ini secara resmi berakhir pada 10 November 2023. Majelis hakim menetapkan beberapa hal atas putusan perceraian Inara dan Virgoun. Yakni memberikan hak asuh anak kepada Inara, serta mengabulkan permohonan nafkah Iddah, mut'ah serta penghasilan royalti.

Perceraian mereka juga dilatarbelakangi oleh perselingkuhan Virgoun dengan perempuan lain. Selain orang ketiga, perceraian Inara Rusli dan Virgoun cukup menyita perhatian karena menimbulkan keributan dan ditambah masalah royalti. Hingga perselisihan antara Inara dengan mantan ibu mertuanya Eva Manurung terkait dengan pemberian uang bulanan Virgoun kepada Eva. 

5. Lulu Tobing dan Bani Mulia

Lulu Tobing dan Bani Maulana Mulia

Photo :
  • Instagram

Lulu Tobing diketahui sempat mengajukan gugatan cerai kepada Bani di tahun 2021 lalu. Sempat rujuk selama dua tahun, Oktober 2023 lalu dirinya kembali mengajukan gugatan cerai ke Bani Mulia. Humas Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Jajat Sudrajat mengungkap bahwa Lulu Tobing sudah melayangkan gugatan cerai kepada Bani Mulia sejak 23 Oktober lalu. Keduanya juga sudah menjalani sidang mediasi pada 2 November 2023 lalu. Hingga saat ini belum diketahui alasannya

6. Ardhito Pramono dan Jeanneta Sanfadelia

Ardhito Pramono dan Jeanneta Sanfadelia.

Photo :
  • Instagram @jeannetasfdl

Penyanyi Ardhito Pramono menyiratkan kabar adanya perpisahan dengan sang istri, Jeanneta Sanfadelia. Kabar ini mencuat usai unggahan Ardhito Pramono di akun Instagramnya pada Senin, 6 November 2023 lalu. 

Dalam caption unggahannya itu, Ardhito Pramono menyiratkan akan perpisahannya dengan sang istri. Meski sudah tak bersama lagi, Ardhito mengaku terus mendoakan Jeanne yang terbaik.

"Meskipun aku dan Jeanne tidak lagi bersama, aku selalu mendoakan yang terbaik untuk Jeanne. Aku mencintaimu Ibu. Kau selalu menjadi Permenku. Aku selalu mencintaimu," ujarnya. 

Sebelumnya, Ardhito juga sempat memberikan kode soal perpisahannya dengan Jeane saat acara Pestapora pada September lalu. Saat tampil kala itu, Ardhito sempat menyebut sosok duda.

Ardhito sempat menggegerkan publik dengan statusnya yang ternyata sudah menikah. Dia sempat menyebut sosok istri saat sedang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Diketahui bahwa dia dan Jeanne telah menikah pada 2019.

7. Desta Mahendra dan Natasha Rizky

Natasha Rizky dan Desta

Photo :
  • Instagram @desta80s

Kabar yang mengejutkan datang dari Desta dan Natasha Rizky, secara diam-diam keduanya memutuskan untuk berpisah. Keduanya resmi bercerai pada 19 Juni 2023 lalu. Gugatan cerai Desta terhadap Natasha telah didaftarkan pada 11 Mei 2023 dan telah dikonfirmasi pihak PA Jakarta Selatan dengan nomor perkara 1583/Pdt.G/2023/PAJS.

Keduanya diketahui sudah sepakat dengan perceraian ini sejak awal sebelum Desta mengajukan permohonannya. Oleh karena itu, baik Desta maupun Natasha tidak ada yang menuntut apapun lagi dari perkara ini. Dalam sidang putusan ini, ada beberapa poin penting yang dibahas termasuk pembagian harta gino-gini dan hak asuh anak. Natasha Rizki akan mendapatkan hak asuh ketiga anaknya sementara Desta tetap dibebaskan untuk bertemu dengan mereka. Keduanya pun sepakat untuk terus membesarkan anak-anak bersama.

Irish Bella dan Ammar Zoni.

Photo :
  • Instagram

Tak kalah mengejutkannya adalah gugatan cerai yang diajukan Irish Bella secara diam-diam pada 6 November 2023, di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat. Sayangnya tak lama setelah suaminya bebas dari penjara karena kasus narkoba.

Meski begitu, pasangan yang menikah selama 4 tahun itu sudah cukup lama pisah rumah. Irish Bella mengaku bahwa ia sudah tak lagi tinggal bersama Ammar Zoni sebelum mengajukan gugatan cerai. 

Keputusan Irish Bella untuk bercerai dari Ammar Zoni tak luput dari kasus narkoba yang menjerat aktor 30 tahun itu. Akan tetapi, Ibel sapaannya juga memiliki alasan lain yang membuatnya mantap untuk berpisah.

"Keputusan saya untuk berpisah dari Bang Ammar itu tidak hanya didasari oleh kasus yang menimpa Bang Ammar, tapi ada beberapa alasan pribadi lainnya yang tidak mungkin saya bagikan ke ruang publik," tuturnya kepada awak media belum lama ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya