Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Aminah Cendrakasih jadi Google Doodle
Sumber :
  • Google

VIVA Showbiz – Dalam dunia hiburan Tanah Air, nama Aminah Cendrakasih dirindukan sebagai sosok yang legendaris. Google Doodle hari ini menampilkan Aminah Cendrakasih yang dikenal melalui perannya sebagai Mak Nyak dalam "Si Doel Anak Sekolahan" untuk memperingati hari lahirnya yang ke-86. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Mungkin masih banyak yang penasaran dengan sosok Aminah hingga hari ini ditampilkan sebagai Google Doodle. Lantas, siapa Aminah Cendrakasih? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Sosk Aminah Cendrakasih

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Aminah Cendrakasih (Mak Nyak)

Photo :
  • Putri Dwi/VIVA

Aminah merupakan artis senior kelahiran Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938. Ayahnya seorang komedian dan ibunya seorang aktris, membuka jalan baginya untuk memasuki dunia hiburan di Tanah Air. 

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Pada tahun 1955, dia membuat penampilan debutnya di "Oh, Ibuku". Setelah itu, kariernya bersinar dan setelah itu Aminah mendapat peran utama dalam "Gambang dari Semarang" dan "Ibu dan Putri".

Aminah Cendrakasih jadi Google Doodle

Photo :
  • Google

Keberhasilannya semakin melambung ketika ia tampil memukau dalam film tari populer "Serampang 12". Ketenarannya melejit, dan selama beberapa dekade, Cendrakasih mengukir lebih dari 100 peran dalam film dan acara terkenal seperti "Taman Harapan" dan "Si Doel Anak Sekolah".

Penampilannya yang mengharukan membawa pulang dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia. Dalam ingatan kita, Aminah Cendrakasih adalah sosok yang telah berhasil menghibur penonton.  

Google Doodle hari ini khusus merayakan Aminah Cendrakasih sebagai aktris ikonik Indonesia dalam serial televisi "Si Doel Anak Sekolahan". Dia telah membintangi hampir 120 film selama lima dekade kariernya, dan diakui sebagai Mak Nyak, sosok ibu bersahaja yang hangat.

Pemakaman Aminah Cendrakasih.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi.

Kepergian Aminah Cendrakasih membuat luka mendalam bagi dunia hiburan Tanah Air. Aminah meninggal dunia pada 21 Desember 2022, setelah berjuang melawan penyakit glaukoma. Meskipun sakit, namun dedikasinya sebagai Mak Nyak pada film "Si Doel Anak Sekolahan" tersebut tetap luar biasa. Sosoknya yang hebat akan selalu menginspirasi generasi penerusnya di dunia perfilman Indonesia. Selamat hari lahir yang ke-86 untuk mendiang Aminah Cendrakasih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya