Begini Cara Ricky Harun Ajarkan Anak-anak Puasa

Ricky Harun
Sumber :
  • IG @rickyharun

JAKARTA – Mengajarkan anak berpuasa bukan lah hal yang mudah bagi sebagian orang tua. Pasalnya, anak-anak di bawah umur pasti kesulitan harus diminta menahan lapar dan haus seharian penuh. Oleh sebab itu, biasanya anak-anak diperbolehkan menjalani puasa setengah hari alias hanya berpuasa sampai siang.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Hal ini pun dialami oleh aktor Ricky Harun yang sudah membesarkan 4 orang anak bersama istrinya Herfiza Novianti. Di Ramadan kali ini, Ricky Harun merasa sangat bahagia karena masih bisa berkumpul dengan keluarga kecilnya secara lengkap. Ia pun minta didoakan supaya segera menambah momongan. Scroll lebih lanjut ya.

"Ramadan kali ini yang spesial alhamdulillah masih dikasih umur panjang, masih bisa merasakan Ramadan tahun ini. Masih sama kayak tahun lalu, kita masih berenam belum nambah personil lagi, doain ya," kata Ricky Harun, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis 14 Februari 2024.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Selebihnya sama kayak tahun sebelumnya. Cuma sekarang anak-anak udah makin berumur lagi jadi lebih ekstra buat ajarin puasanya," tambahnya.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Ricky Harun punya cara tersendiri untuk mendidik anak-anaknya menjalani ibadah puasa. Namun, ia juga tidak mau memaksakan anak-anak untuk langsung berpuasa penuh seharian, mengingat hal itu juga belum wajib untuk mereka laksanakan.

Biasanya, Ricky Harun akan memantau sampai di mana anak-anaknya mampu menahan lapar. Jika sudah tak tertahankan, maka ia akan membiarkan mereka buka puasa di siang hari dengan catatan esok harinya harus berpuasa dengan durasi yang lebih panjang lagi.

"Alhamdulillah anak gue santai, mereka lapar nanya jam kita bilangin nanti ini masih 2 jam lagi terus ya udah ditahan. Tapi kalau anaknya memang udah ngga tahan ya udah ngga apa-apa. Kadang kan anak pengen buka jam 12 ya udah ngga apa-apa jam 12 buka, tapi besoknya harus lewat dari jam 12 karena hari ini udah jam 12, tapi besok jam 1 lah," jelas Ricky Harun.

"Ritualnya seperti itu, jangan memaksakan anak full yang ada ntar malah sakit. Yang namanya masih belajar belum wajib," tambahnya.

Ricky Harun.

Photo :
  • Istimewa

Di samping itu, guna memberikan semangat pada anak-anak agar mau menuntaskan ibadah puasa, Ricky Harun juga menjanjikan sebuah hadiah di akhir bulan Ramadan nanti.

"Ada (hadiah) kalau full 30 hari, bapaknya juga mau hadiah," katanya.

Untuk menu makan sahur dan berbuka, Ricky Harun dan keluarganya tidak mau ribet memikirkan menu-menu yang spesifik. Biasanya, ia dan keluarga hanya menikmati lauk sederhana seperti ayam goreng dan teri kacang.

"Kita orang tau yang sediain, ayam goreng dan teri kacang udah cukup. Pokoknya kalau ada teri kacang aman dunia akhirat. Takjilnya kolak dan gorengan," paparnya.

Selain sama-sama menjalani ibadah puasa, Ricky Harun juga membiasakan anak-anaknya untuk ikut shalat tarawih berjamaah. Tetapi, sejauh ini belum ada kegiatan wajib yang perlu dilakukan oleh Ricky Harun dan keluarganya.

"Tarawih udah pasti barengan kalau yang lain belum tahu, puasa juga baru 3 hari ngg ada kebiasaan yang lain selain ritual ibadahnya," kata Ricky Harun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya