Drama Saipul Jamil dan Ivan Gunawan: Maaf Diterima, Netizen Tetap Geram

Saipul Jamil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

JAKARTA Ivan Gunawan baru-baru ini menjadi sasaran hujatan netizen lantaran membuat guyonan atas kasus pelecehan seksual yang pernah dilakukan oleh Saipul Jamil. Dalam video yang beredar, Ivan Gunawan sedang berkumpul dengan taman-temannya lalu bercanda soal kasus pencabulan itu setelah melihat kedatangan Saipul Jamil.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Alhasil, Saipul Jamil merasa tersinggung karena itu merupakan masa lalunya yang kelam. Padahal, Saipul Jamil juga sudah mengingatkan Ivan Gunawan agar tak perlu membahas masalah yang sudah lalu lagi.

"Tentang yang sekarang baru terjadi sama Igun, Igun menyenggol soal pencabulan, itu ke situ saja. Jangan lah Gun, itu kasus kan sudah selesai," kata Saipul Jamil, mengutip tayangan YouTube, Rabu 17 April 2024.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Setelah video bercandaan itu viral, Saipul Jamil mendapati ada banyak orang yang tidak senang dengan topik pembahasan mereka bahkan tidak sedikit yang tersinggung mengingat kasus pencabulan pasti sangat traumatis bagi korbannya.

Pelaku Pencabulan Ditangkap Polres Serang, Korban Dicekoki Miras

Oleh karena itu, Saipul Jamil sendiri mengaku cukup tersinggung ketika Ivan Gunawan menjadikan kasus pencabulan itu sebagai bahan bercandaan.

"Terus tiba-tiba ada penonton di rumah, netizen di rumah merasa tersinggung, ternyata yang tersinggung bukan saya saja, kan. Banyak di luar saya yang tersinggung," terang Saipul Jamil.

Meskipun akhirnya menimbulkan kehebohan, Saipul Jamil tetap membuka pintu maaf untuk Ivan Gunawan. Ia berprasangka baik bahwa Ivan Gunawan mungkin hanya niat bercanda lalu tanpa sengaja justru menyinggung perasaannya.

Saipul Jamil juga mengingatkan bahwa ketika bercanda dan menyeret topik yang sensitif sebaiknya harus dipikirkan ulang karena mungkin hal yang dianggap lucu itu tidak bisa diterima oleh orang lain dengan maksud yang sama.

"Cuma kalau saya ibaratnya masih memaafkan, masih positive thinking mungkin Igun bercanda. Ternyata benar, dia memang bercanda. Tapi, sekali lagi enggak semua orang bisa terima bercandaan kita," ujarnya.

Ivan Gunawan sendiri sudah memberikan pernyataan maaf di media sosial karena menjadikan kasus pencabulan itu sebagai bahan guyonan. Ivan Gunawan mengaku itu sebenarnya hanya pembahasan di lingkup teman saja yang seharusnya tidak sampai diekspos di media sosial. Namun, Ivan Gunawan juga tidak membenarkan sikapnya sendiri karena menyakiti hati korban yang mungkin mengalami trauma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya