Cucu Jenderal Soedirman Main di Sosiodrama HUT ke-72 TNI

Ganang Priyambodo
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Sosok Ganang Priyambodo mungkin asing di telinga banyak orang awam di Tanah Air. Namun, siapa sangka beliau adalah cucu dari pahlawan nasional Jenderal Soedirman. 

Alutsista Depan Istana, Hasto: Berdikari di Bidang Pertahanan Menguat

Diutarakan Harry Kiss, penanggung jawab tata suara acara HUT TNI, Ganang Priyambodo akan bermain sosiodrama memerankan sosok kakeknya sendiri yakni Jenderal Soedirman. 

"Acara ini akan istimewa dengan kehadiran dan keterlibatan beliau di acara HUT TNI. Beliau sangat bangga bisa memerankan Jenderal Soedirman di acara sosiodrama seperti teater kolosal di depan ribuan pasang mata nanti," ujar Harry Kiss dalam keterangannya, Kamis 5 Oktober 2017.

Ratusan Polisi Hormat kepada Panglima TNI di Sepanjang Jalan Sudirman

Sementara itu, Ganang mengakui, jika kakeknya Jenderal Soedirman merupakan sosok yang sangat dikaguminya.

“Sebagai cucu beliau, tugas berat buat saya memerankan Jenderal Soedirman di sosiodrama ini. Beliau adalah Jenderal Besar dan Pahlawan yang sangat berjasa pada negara ini,” ujarnya.

HUT ke-76, Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Mutlak sebagai Kekuatan

Ganang mengaku pernah mendapat cerita bagaimana Jenderal Soedirman mampu mengelabui para tentara Belanda, sehingga kesulitan menangkap Sang Jenderal.

Bahkan saat ada pengkhianat yang melaporkan kepada Belanda bahwa ini adalah Jenderal Soedirman, tentara Belanda tidak percaya dan menembak mati pengkhianat tersebut.

“Banyak anak buah kakek saya yang menanyakan aji-aji yang dipakai sehingga tentara Belanda sulit menangkap kakek saya. Dan kakek saya hanya mengatakan ada tiga hal, yaitu, tidak pernah putus dari keadaan bersuci, salat lima waktu selalu tepat waktu, dan mengabdikan diri bukan untuk keluarga, bukan untuk golongan, bukan untuk partai, tapi untuk bangsa dan negara,” tutur Ganang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya