Sosok Yon Koeswoyo di Mata Sesama Musisi

Vokalis Koes Plus Yon Koeswoyo Wafat
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – Musisi Dwiki Dharmawan menilai almarhum Yon Koeswoyo semasa hidup merupakan sosok yang tulus dalam berkarya.

Glenn Fredly Sebut Almarhum Yon Koeswoyo Pejuang Seni

Bahkan, ketulusan Yon bersama Koes Plus dalam membuat sebuah karya, dapat dilihat dari bagaimana musik yang mereka ciptakan itu bisa membawa nuansa bahagia dan menyenangkan bagi para pendengarnya.

"Karyanya itu tulus, tidak tendensius, dan menyenangkan semua pihak yang mendengar," ujar Dwiki saat ditemui di rumah duka, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat 5 Januari 2018.

VIVA Top3: RIP Yon Koeswoyo, Brondong Demi Moore dan Persib

Saat ditanya apa karya Yon Koeswoyo atau Koes Plus yang sangat berkesan baginya, Dwiki mengaku sangat terkesan dengan lagu 'Kolam Susu' yang menjadi salah satu hits Koes Plus.

"Lagu 'Kolam Susu' itu sangat menunjukkan ke-Indonesiaan. Jadi Indonesia itu sebenarnya sudah dilirik Koes Plus sejak dulu. Gimana negara yang subur dan gemah ripah loh jinawi, tapi kenyataannya tidak dikuasai oleh kita sendiri," kata Dwiki.

Permintaan Terakhir Yon pada Nomo Koeswoyo

Selain itu, Dwiki menilai bahwa lagu-lagu Koes Plus yang lahir di era beberapa dekade lampau, ternyata merupakan karya luar biasa yang bisa bertahan lintas zaman.

"Karena tema-tema yang diusung pas pada jamannya dan tidak pernah tergerus, tetap menghibur, serta membangun kecintaan, seperti misalnya di lagu Nusantara. Saya rasa itu yang membedakannya daripada yang lain," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya