Ramuan 'Ajaib' Judika Jaga Kualitas Suara

Penyanyi Judika
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Penyanyi Judika memiliki rahasia untuk menjaga agar pita suaranya tetap sehat, dan bisa bekerja secara optimal. Sebab, sebagai seorang penyanyi, dia menilai pita suara adalah aset utamanya.

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

Judika pun mengaku berupaya keras menghindari sejumlah makanan dan minuman, yang bisa berdampak buruk bagi pita suara.

"Biasanya kayak susu, kacang, itu enggak boleh sebelum nyanyi, karena itu bahaya," kata Judika saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis malam, 11 Januari 2018.

Sultan Korban Kabel Menjuntai Alami Cacat Permanen, Pita Suara Harus Diangkat

Selain itu, Judika pun mengakui bahwa ada sejumlah makanan khusus untuk para penyanyi, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas pita suara.

"Dulu waktu lagi serius-seriusnya nyanyi, itu harus ada kencur, jahe, madu. Karena kalau suara lagi kurang fit, (ketiga bahan) itu memang baik buat pita suara," kata Judika.

Mahasiswa yang Terjerat Kabel Fiber Optik Mulai Bisa Bicara dan Berat Badan Naik

Baca juga:

Gemar Ngopi, Begini Cara Judika Jaga Kondisi Pita Suara

Namun, saat ini Judika mengaku sudah jarang mengonsumsi kencur, jahe dan madu tersebut, kecuali jika pita suaranya memang sedang bermasalah. Yang paling utama agar pita suara tetap terjaga, salah satu minuman yang harus dihindari adalah air es, karena sangat berdampak buruk bagi kualitas pita suara seorang penyanyi.

"Sekarang ini sudah jarang sih, kecuali kalau pita suara gue lagi sakit banget baru makan kencur, jahe dan madu. Gue enggak pernah minum es aja intinya. Karena kalau kena es, suara gue udah pasti enggak bener," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya