Single Terbaru Efek Rumah Kaca Terinspirasi Najwa Shihab

band Efek Rumah Kaca
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Berangkat dari isu dan visi yang sama soal pandangan terhadap isu-isu negeri, grup musik Efek Rumah Kaca (ERK) berkolaborasi dengan Mata Najwa merilis sebuah soundtrack berjudul Seperti Rahim Ibu.

Indonesia Pecinta Podcast Duduki Peringkat 2 Dunia, Berikut 3 Favorit yang Digemari Masyarakat

"Antara lugas dan puitis itu bergantian," ungkap Cholil dalam tayangan yang diunggah melalui YouTube Najwa Shihab.  

Dalam wawancaranya bersama Efek Rumah Kaca, Najwa mengungkapkan pembuatan lagu ini sudah dicita-citakan sejak awal. Sebuah lagu yang memuatkan pesan yang sama dengan apa yang ingin disuarakan oleh Mata Najwa.

Makna Hadiah Mahfud untuk Najwa: Melangkah ke Puncak Itu Harus Melalui Satu Tangga per Satu Tangga

Lagu Seperti Rahim Ibu bercerita tentang harapan, layaknya janin dalam rahim ibu yang dikandung. Dari harapan, lahir sebuah sikap optimistis untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya. Nantinya, lagu yang juga menjadi soundtrack perdana Mata Najwa ini akan menggiring program Mata Najwa episode khusus Novel Baswedan.

"Yang ingin kita sampaikan, utamanya soal harapan, berada di kandungan ibu itu kan merawat kehidupan, karenanya kemudian ada kalimat itu. Kita bicara soal bagaimana optimisme itu bisa disemai dan bagaimana kalau berada di rahim itu kan dimulai dari sel sel yang kemudian menyatu, yang tadinya rapuh menjadi kuat," tutur Najwa.

Ganjar Siapkan Transformasi 6 Pilar Menuju Indonesia Emas 2045

Najwa Shihab

Tak banyak persiapan

Soal mematangkan proses membuat lagu, Cholil tak banyak persiapan yang rumit. Cukup dengan peralatan seadanya yakni lewat petikan gitar sebagai demo untuk diberikan Najwa. Namun ternyata, petikan nada itu justru yang terngiang dan paling pas dengan selera Najwa.

"Pertama kali kirim materi kasarnya itu petikan gitar doang karena enggak punya alat rekam di sana untuk bisa bikin demo yang lebih menunjang untuk didengerin. Ini cuma petikan aja buat Nana. Yang versi awal, gitaran saja itu lebih mengena," ungkap Cholil.

Awalnya, Cholil belum memberikan demo lagu tersebut untuk didengarkan Najwa. Dengan isu-isu terkini soal negeri, yang dikatakan cukup berat, Cholil ingin agar lagu ini masih dapat menghibur.

"Penginnya gagasannya itu tertangkap sama orang tapi juga bisa menghibur, enggak rumit. Pelan-pelan menyelinap ketika mendengar lagunya, semoga bisa," kata Cholil. Lirik-lirik lagu Efek Rumah Kaca sarat dengan isu sosial di negeri ini. Hal ini pun dirasa sangat sejalan dengan apa yang disuarakan Mata Najwa.

ERK pada pekan pertama Maret ini akan bertolak ke Amerika Serikat untuk tampil dalam festival seni, budaya dan teknologi SXSW di Austin, Texas. Pada pekan lalu, ERK menggelar konser penggalangan dana di Faculty Club Universitas Indonesia, Depok, untuk menambal biaya akomodasi mereka di Amerika. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya