Igor Saykoji dan Iwa K Bicara Masa Depan Hip Hop Indonesia

Igor Saykoji.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA – Rapper Igor 'Saykoji' mengatakan, saat ini perkembangan musik hip-hop di Tanah Air sudah semakin pesat. Namun, dia mengakui bahwa penggemar musik tersebut masih tersegmentasi hingga saat ini.

Aksi Heboh Rapper Saykoji Goyang Restoran Siap Saji

“Karena kalau di sini menurut gue mungkin belum ketemu saja, orang belum 'ngeh' nikmatnya dengerin lirik rap itu seperti apa,” kata Igor saat ditemui di Kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis 22 Maret 2018.

Igor pun tak menyangkal bahwa sebagian masyarakat masih menganggap bahwa lirik-lirik di musik hip-hop kerap bermuatan negatif.

Bersama Iwa K, The Groove Ajak Pendengar Tersenyum

"Enggak bisa gue salahin juga, karena memang orang ngelihat dari luar negeri, kadang ekspresi mereka banyak pakai kata-kata yang cenderung negatif. Tapi itu kan karena hidup mereka di luar sana keras," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Iwa K mengatakan bahwa eksistensi musik hip-hop di Tanah Air sebenarnya tidak harus selalu bersanding dengan musik lainnya di jalur mainstream.

Kolaborasi dengan Saykoji, Swerte Rilis Esso Dalam 3 Bahasa

Iwa K

Dia bahkan berharap, meskipun masih segmented, musik hip-hop bisa semakin berkembang secara natural, sehingga bisa menjadi warna tersendiri di belantika musik Indonesia.

“Menurut gue (masuk jalur) mainstream bukan suatu keharusan ya. Oke lah ada musik pop, rock, tapi hip hop biar lah tumbuh dengan karakternya sendiri. Walaupun kecil, enggak kelihatan, tapi kalau enggak ada di musik Indonesia itu enggak enak,” ujar Iwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya