Heboh Suntik Steroid, Maia Estianty Beri Penjelasan

Joan Indonesian Idol
Sumber :
  • VIVA/Ichsan Suhendra

VIVA – Komentar Maia Estianty untuk penampilan Joan di babak Top 3 Spektakuler Show Indonesian Idol awal pekan lalu jadi sorotan. Saat itu, Joan disinggung soal suntik steroid untuk bisa memulihkan suaranya yang hilang.

Cerita Emily Young Ryu, Bertahan Lewat Musik Hingga Jual Baju

Joan sendiri mengatakan, suntik yang dilakukannya baru dilakukan di Indonesian Idol. Namun dia menjelaskan, mengapa menerima suntikan tersebut.

"Saat bernyanyi, Joan mengeluarkan suara terlalu powerfull sehingga dari diafragma mendorong terlalu kuat ke pita suara. Joan punya pita suara kecil di mana Joan punya power itu menekan ke atas membuat pita suara lecet. Kenapa disuntik itu untuk mengurangi rasa sakitnya. Tapi kalau suntik, suntik, suntik itu tidak, karena Joan baru pertama kali suntik sejak di Indonesian Idol," katanya saat menggelar jumpa pers di kawasan Kebon Jeruk.

Ketemu di Indonesian Idol, Rossa Kepincut Gaza Ali

Joan pun mengakui belum menguasai teknik bernyanyi yang baik dan menemukan penempatan suara yang pas. Itulah yang membuat suaranya kerap hilang ketika tampil di panggung Indonesian Idol. 

Profil Rimar Callista, Juara Indonesian Idol 2021

Maia pun menjelaskan suntik tersebut biasanya dilakukan pada saat kondisi yang memang mendesak. Misalnya, ketika seorang penyanyi harus bernyanyi padahal dalam kondisi yang tidak bugar.

"Penyanyi pasti mengalami hal seperti itu, karena kadang-kadang kita sebagai entertainer itu pasti enggak fit. Pada saat kita radang, harus nyanyi. Mau enggak mau kita harus suntik itu," terang Maia.

Dia juga menambahkan, suntikan ini tidak boleh terus menerus dilakukan. Di Singapura, menurutnya, suntikan hanya boleh dilakukan 6 bulan 2 kali. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya