Bentuk ILP, Indra Lesmana Mainkan Musik Progressive Metal

Indra Lesmana
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya

VIVA – Musisi jazz Indra Lesmana membentuk band baru yang dinamai 'Indra Lesmana Project' atau ILP. Melepas pakem jazz sebagai genre yang selama ini lekat dengan karier bermusiknya, Indra pun tampil menggebrak bersama ILP dengan nuansa progressive metal.

Sisitipsi Butuh Waktu 2 Menit untuk Ciptakan Lagu Ini

Saat ditemui dalam sebuah wawancara sebelum menggelar showcase perdana ILP, Indra menjelaskan proses pembentukan band yang dimulainya sejak akhir tahun lalu tersebut.

"Saya mulai dari November 2017, waktu itu saya buat demo, dan setelah itu saya langsung buka proses audisi," kata Indra saat ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu 27 Juni 2018.

Abdul & The Coffee Theory Akhirnya Rilis Album dan Single

Saat ditanya kenapa harus menggelar audisi guna melengkapi line up ILP, mengingat banyaknya rekan sesama musisi yang mau bekerja sama dengannya, Indra mengaku ingin memperlebar jangkauan musiknya dengan mencari bakat-bakat baru yang akan mengisi formasi ILP tersebut.

"Banyak musisi muda Indonesia yang bermain dengan sangat bagus, tapi belum punya kesempatan. Lalu, karena referensi saya untuk musik rock juga sedikit karena saya banyak gaul sama musisi jazz, jadi kalau enggak lihat sendiri kan saya enggak tahu," ujarnya.

Balkonjazz Festival 2019, Asyiknya Nikmati Alunan Jazz di Tengah Alam

Menggunakan jejaring media sosial Instagram dalam proses audisinya, Indra akhirnya menemukan formasi lengkap ILP yang saat ini beranggotakan Kharis (gitar), Hatta (drum), Sadu (bass), Ray (gitar), Togar (vokal), dan Indra Lesmana di posisi keyboard.

Setelah formasi lengkap, proses penggarapan mini album langsung dikerjakan, sehingga April 2018, mereka rampung menggarap 'Secret Geometry' sebagai tajuk mini albumnya tersebut.

"Jadi bulan April EP kami selesai dan bulan itu juga kami audisi engineer. Karena kami mau punya music engineer yang profesional. Saat kami audisi (engineer) ada sampai 300 lebih peserta audisi yang ikut," kata Indra.

"Lalu Mei kemarin kami launching mini album di digital store dengan judul 'Secret Geometry', 1 Juni kami rilis videoklip, dan hari ini pertama kali main live. Kami excited banget karena ini pertama kali manggung," ujarnya.

Suka dengan Sabyan Gambus? Terharu, Nissa Sabyan sampai nangis di depan ribuan penggemarnya. Lihat di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya