Musik Asian Games Digarap di Praha, Alasannya Mengejutkan

Addie MS
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

VIVA – Konduktor Addie MS berkolaborasi dengan musisi muda Ronald Steven dipercaya untuk membuat musik Asian Games 2018. Addie membuat musik itu di Praha, Republik Ceko. Musik tersebut akan menjadi pengiring di berbagai prosesi dalam Asian Games tahun ini. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Ayah Kevin Aprilio ini mengaku akan ada ribuan penari yang mengiri musik arahannya.

"Masih berjalan dengan seru-serunya nih, musik yang aku baru bikin bersama Ronald Steven, musisi muda yang lebih ke (genre) elektronik, setelah direkam musiknya, akan digunakan untuk tarian massal. Akan ada ribuan penari yang akan bikin suatu koreografis dan diiringi musik kita," ujarnya saat berada di kawasan Jakarta Selatan, Jumat, 13 Juli 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Addie pun mengungkap alasan mengapa musik ini dibuat di Praha. Kota itu, menurutnya, punya hasil yang lebih bagus, serta biaya yang murah dibandingkan dengan proses pembuatan di Indonesia.

"Harus diakui jauh lebih cepat daripada di Indonesia, pastinya jauh lebih bagus, harus diakui, dan surprise-nya, lebih murah banget, yang bikin tambahan biaya karena kita harus ke sana. Berat di ongkos," ungkapnya.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Proses rekaman berlangsung selama tiga hari, ditambah editing, maka prosesnya memakan waktu hingga empat hari. "Tapi 1,5 jam musik, jadi enggak mudah. Kalau di kita (Indonesia) harus diakui lebih lama dan surprisingly jatuhnya lebih mahal," lanjut pria 58 tahun tersebut.

Mengaku sudah berpengalaman dalam pembuatan musik di Praha, Addie ternyata sudah banyak melahirkan karya-karyanya di ibukota Bohemia tersebut.

"Aku sudah dari tahun 2011, sudah 7 tahun lalu rekaman di Praha, waktu bikin lagu-lagu daerah yang di Garuda itu aku rekamnya juga di Praha," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya