Catur, Grup Musik Beranggota Para Tunanetra

Catur
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Oki, Fakhri, Zul, dan Rifki, empat orang penyandang disabilitas kini membentuk grup musik yang dinamai Catur. Adalah Andini, yang sebelumnya dikenal dengan nama Andin Komalla, sebagai pencetus ide untuk terbentuknya Catur.

Top Trending: Mengenal Ponpes Tajul Alawiyyin, Penampilan Terkini Pemeran Utama The Godfather

"Catur sendiri, sebuah doa. Dengan harapan semoga grup musik Catur ini, dapat eksis dalam percaturan musik Indonesia," kata Andini dalam rilis yang diterima VIVA, Jumat, 7 September 2018.

Catur juga berarti empat. Mereka mengambil filosofi meja dengan empat kaki yang kokoh. Catur berharap mereka akan tetap kokoh dan tetap bersama seperti meja dengan empat kakinya.

Viral Tunanetra Nabrak Baliho Caleg yang Dipasang di Trotoar

Kini Catur kembali melalui dua lagu sekaligus, Malam Minggu dan Bukan Dia. Kedua lagu itu tercipta berkat bantuan musisi senior, Denny Chasmala. 

"Semoga lewat dua single tersebut dapat bersaing di percaturan musik Indonesia. Apalagi sekarang sudah resmi jalan bareng Catur Band," katanya.

LPMQ Kementerian Agama Luncurkan Panduan Iqro'na untuk Belajar Al-Quran Braille

Andini beberapa kai berkolaborasi dengan kaum tunanetra. Ada pengalaman khusus yang dirasakan saat bermusik dengan mereka.

"Saya malah seperti baru belajar bermain musik. Soalnya mereka itu sangat peka dalam urusan nada. Wah kalau bicara nada mereka sangat peka," ujar Andini.

Raditya Arief mahasiswa disabilitas UI lulus cumlaude IPK 3,85 selama 3,5 Tahun

Raditya Arief, Mahasiswa Tunanetra Lulus Cumlaude UI dengan IPK 3,85

Raditya Arief Putrasetiawan berhasil membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mencapai cita-cita. Mahasiswa tunanetra ini lulus UI dengan cumlaude

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024