Cassette Store Day, Nostalgia Musik Lewat Kaset Lawas

Cassette Store Day
Sumber :
  • Viva.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Nonton band dalam rangka merilis single dan album sudah biasa. Namun kali ini, hal yang tak biasa bisa ditemukan para penikmat musik dalam acara Cassette Store Day yang diselenggarakan di Kios Ojo Keos, Ruko Bona Indah, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan hari Sabtu, 13 Oktober 2018.

Teka-teki di Balik Kaset Pita 'Bangkit dari Kubur'

Tak hanya di Jakarta, ternyata acara ini serentak dilakukan di Tangerang, Medan dan Yogyakarta. Acara Cassette Store Day ini sebenarnya mulai diadakan pada tahun 2013 lalu, terinspirasi oleh acara Record Store Day yang lebih dulu mendunia.

"Kita enggak ada tema tertentu karena memang spesifik di kaset sekaligus band-band yang merilis single dan album. Hari ini ada yang tampil lima band," kata Satria selaku ketua pelaksana saat berbincang dengan VIVA di lokasi.

Menelusuri Transaksi DVD Porno Bajakan di Glodok

Cassette Store Day

Sebanyak 20 band baik bergenre pop, rock, metal dan juga elektronik yang merilis single dan album mereka. Sejak jam 12 siang, kios yang mungil ini sudah dibanjiri pengunjung yang bahkan rela mengantri demi mendapatkan kaset lawas dan idolanya hingga jam 21.00 nanti.

Teknologi yang Akan Dilupakan

Seperti Sentimental Moods, MORFEM, Sajama Cut, Thedyingsirens, Irwin Ardy, Glaskaca, 1900 Yesterday, dan lainnya yang merilis karya mereka. Beberapa band pun tampil meramaikan acara ini, seperti Sentimental Moods, Lonernavts, Glaskaca, thedyingsirens, Adrian Yunan dan Costaroy. 

Kios milik band Efek Rumah Kaca ini memang sangat aktif mengadakan acara di dalam tokonya. Selain kaset, ada compact disc (cd), buku musik dan pajangan baju kaos yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Cassette Store Day

Tak akan bosan di dalam, karena pengunjung dimanjakan dengan sajian kopi dan latte dengan varian rasa. Apalagi mencicipi minuman dan camilan, beli kaset dan langsung menyaksikan band idola beraksi.

"Kalau kaset rata-rata harganya Rp50 ribu. Ada juga yang Rp25 ribu dan Rp75 ribu," ungkap Satria.

Para pengunjung cenderung berburu kaset dengan genre musik lawas. Tak tanggung-tanggung Elvis Presley, David Foster, Heavy Metal, Iron Maiden, The Beatles, The Phil Collins Package, U.2 dan masih banyak band populer legendaris lainnya yang menjadi incaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya