Logo BBC

BTS di Sampul Majalah Time: Grup K-Pop yang Ambil Alih Dunia

BTS saat tampil di acara budaya Korea Selatan sebagai bagian dari kunjungan resmi Presiden Korea Selatan ke Prancis, 14 Oktober 2018 di Paris. - YOAN VALAT/AFP/Getty Images
BTS saat tampil di acara budaya Korea Selatan sebagai bagian dari kunjungan resmi Presiden Korea Selatan ke Prancis, 14 Oktober 2018 di Paris. - YOAN VALAT/AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

BTS, boyband asal Korea Selatan, terpilih menjadi salah satu dari tiga sampul internasional majalah Time yang memperlihatkan "Pemimpin Generasi Mendatang".

Cuitan dari akun resmi majalah Time yang menampilkan sampul tersebut sudah disebarkan hampir 240.000 kali dan disukai lebih dari 650.000 kali.

Dalam artikel di majalah tersebut, bahwa, "Seperti Beatles dan One Direction, BTS memunculkan campuran wajah tampan dan lagu yang menempel di telinga, serta gerakan tarian yang mengingatkan akan NKOTB dan NSYNC."

Meski begitu, Time juga menulis bahwa, band ini melakukan sebuah terobosan sebagai musisi Korea pertama yang bisa menjual habis tiket di stadium AS, selain juga mencetak rekor-rekor baru di Asia, dan mereka bisa berhasil tanpa melayani penonton Barat. "Hanya satu anggota mereka, RM, yang bicara bahasa Inggris dengan lancar, dan sebagian besar lagu mereka dalam bahasa Korea," tulis Time.

Mereka juga dinilai lihai menggunakan media sosial untuk mempromosikan musik dan terhubung dengan penggemar mereka, selain juga menjadi idola yang `tak biasa` dengan menerima kekurangan pribadi mereka dan mengangkat tentang isu kesehatan mental, elitisme, serta perisakan.

Pada September 2018 lalu, mereka juga menjadi grup K-Pop pertama yang berbicara di Sidang Umum PBB di New York saat peluncuran kampanye UNICEF Generation Unlimited untuk meningkatkan pendidikan dan pemberdayaan anak muda.

Foto Duta Besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan, Harry Harris, yang memegang sampul majalah Time tersebut dalam salah satu pidato resminya sudah disebar hampir 17.000 kali.