Logo BBC

BTS Minta Maaf soal Topi Lambang Nazi

BTS, berbicara di PBB, adalah band K-pop terbesar dunia. - Reuters
BTS, berbicara di PBB, adalah band K-pop terbesar dunia. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Manajemen grup K-pop, BTS, meminta maaf terkait munculnya sebuah foto yang memperlihatkan anggota band itu mengenakan topi dengan lencana mirip lambang Nazi.

Hal ini terjadi tidak lama setelah anggota band lainnya mengenakan T-shirt dengan foto bom atom, yang mengacu pada pemboman Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada Perang Dunia II.

Big Hit Entertainment menyatakan kedua kejadian tersebut "sama sekali tidak disengaja" dan bukan kesalahan anggota band. BTS memiliki penggemar yang sangat besar di internet dan banyak fans menjadikan mereka sebagai tokoh panutan.

"Kami ingin menyampaikan permintaan maaf sedalam-dalamnya karena secara tidak sengaja membuat sakit hati dan mengganggu siapapun korban rezim totaliter di masa lalu ... (dan) pihak-pihak yang menjadi korban senjata atom," kata Big Hit Entertainment, agen band tersebut.

BTS bisa dipandang sebagai band K-pop paling populer di dunia. Ribuan orang mengecam kesalahan berbusana ini, meskipun banyak juga penggemar yang membela tindakan grup ini.

`Merendahkan sejarah masa lalu`

Pada Oktober, pengguna media sosial mulai berbagi foto anggota band Jimin yang mengenakan kaos gambar pemboman AS terhadap Jepang dan slogan pembebasan Korea.