Lima Pedangdut Legendaris yang Masih Eksis

Pedangdut Rhoma Irama
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum

VIVA – Ada pepatah yang bilang bahwa usia hanya sebuah angka dan tak menghalangi untuk berkarya. Hal tersebut sepertinya cocok disematkan untuk sederet musisi dangdut senior yang hingga kini masih eksis berkarya.

Dapat Uang Panai Rp2 M, Putri Isnari Nikah dengan Maskawin Rp204 Ribu

Meski sudah berusia lanjut, beberapa musisi dangdut Tanah Air terbilang cukup gemilang kariernya hingga saat ini. Bahkan tidak jarang mereka masih sering tampil di layar kaca untuk bernyanyi.

Berikut lima penyanyi dangdut legendaris Tanah Air yang masih eksis hingga kini.

Pernah Berseteru, Dhawiya dan Neng Wirdha Kembali Akur di Momen Idul Fitri 2024

1. Rhoma Irama

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raja Dangdut, Rhoma Irama? Pedangdut dengan panggilan Bang Rhoma ini bisa disebut sebagai bintang dangdut semua generasi. Dari orang tua hingga anak milenial pun pasti tahu sosok Rhoma Irama. Sejak dahulu hingga sekarang, nama Rhoma Irama seakan tidak pernah pudar, justru kariernya semakin gemilang.

Tisya Erni dan Aden Wong Kompak Mangkir Panggilan Polisi Tanpa Alasan Jelas

sorot dangdut rhoma irama

Sederet karyanya masih sering dibawakan hingga kini. Bahkan pria kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 ini masih sering tampil di televisi untuk membawakan lagu-lagu hitnya, seperti Begadang, Darah Muda, Judi, Bujangan bersama dengan grupnya bernama Soneta.

2. Mansyur S

Mansyur Subhawannur atau dikenal dengan nama Mansyur S juga menjadi seorang penyanyi dangdut legendaris di Indonesia. Meski usianya sudah tidak muda lagi dan memasuki 70 tahun, suara merdu Mansyur S seakan tidak pernah berubah. Bahkan terdengar lebih syahdu.

Selain itu, hingga kini Mansyur S sering kali eksis di televisi untuk menyanyikan lagu-lagunya, di antaranya Air Mata Perkawinan, Penantian, Kertas dan Api. Mansyur S dikenal memiliki suara khas yang membuat orang langsung mengenalinya.

3. Elvy Sukaesih

Dangdut ternyata tak hanya memiliki seorang raja saja, melainkan ada pula ratunya. Ratu dangdut Tanah Air ialah Elvy Sukaesih. Wanita kelahiran Jakarta, 25 Juni 1951 ini dikenal memiliki penampilan yang khas. Bahkan aksi panggung yang melemparkan mic hingga goyangannya pun sempat diikuti oleh banyak artis.

Hingga kini, Elvy Sukaesih sering kali eksis di televisi untuk tampil bernyanyi maupun menjadi juri di salah satu acara pencarian bakat dangdut. Beberapa lagu miliknya, yakni Kejam, Kereta Malam, Bulan di Ranting Cemara.

4. Camelia Malik

Wanita kelahiran Jakarta, 22 April 1955 ini sempat menghebohkan belantika musik dangdut Tanah Air dengan penampilannya menarikan tari Jaipong saat bernyanyi. Adik tiri musisi rock Ahmad Albar ini juga sempat dijuluki sebagai Diva Dangdut Jaipong Tanah Air.

Saat ini, Camelia Malik sering kali tampil di layar kaca, tetapi bukan hanya untuk bernyanyi, melainkan dalam kegiatan politik. Adapun lagu-lagu dangdut yang dinyanyikan, di antaranya Colak Colek, Rindu Berat, Wakuncar.

Camelia Malik

5. Rita Sugiarto

Sosok Rita Sugiarto memang dikenal pandai menjiwai sebuah lagu dengan ekspresi wajahnya. Tak hanya itu, suaranya yang merdu pun mampu membuat orang lain takjub. Lagu-lagu milik Rita Sugiarto pun hingga kini masih populer, sebut saja seperti Oleh-oleh, Pacar Dunia Akhirat, dan juga Iming-iming.

Saat ini, wanita kelahiran 19 September 1960 itu masih tampil di televisi untuk menjadi juri di ajang pencarian bakat dangdut. Dia juga beberapa kali eksis untuk bernyanyi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya