Ritual Khusus Rian D'Masiv saat Menciptakan Lagu

Rian DMasiv.
Sumber :
  • VIVA/Rendy Frebrianto

VIVA – Sebagai vokalis sekaligus pentolan grup band D'Masiv, Rian menjadi salah satu orang yang kerap menciptakan lagu-lagu terbaik di dalam bandnya. Diakui oleh Rian, jika lagu-lagu D'Masiv memang lebih banyak ditujukan bagi penikmat musik perempuan, karena memiliki nada melow.

Curhat D'Masiv Rilis Album Baru Sebagai Perjalanan Spiritual

"Jujur lagu D'Masiv tuh ditujukan untuk cewek, kayak lagu Rindu Setengah Mati, itu lagu dapatnya di mimpi dan lagu itu jadi karena tur, kelewatan salat terus rindu sama Tuhan sama Allah. Jadi banyak lagu-lagu D'Masiv yang kayak Aku Percaya Kamu itu buat Tuhan, pokoknya bikin lagu yang sifatnya universal," kata Rian, saat berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Mei 2019.

Rian juga mengungkapkan salah satu ritual khususnya dalam menciptakan lagu tersebut; melakukan iktikaf di masjid yang jauh dari keramaian selama 10 hari.

D'Masiv Pilih Sentuhan 80's di Album Terbaru

"Bahkan kenapa akhirnya D'Masiv dulu juara festival itu karena saat itu saya lagi down banget. Istilahnya bingung mau ngapain, hidup juga susah gitu kan akhirnya saya iktikaf di sebuah masjid dan mendapatkan satu pencerahanlah," tuturnya.

Rian menambahkan, "Akhirnya ternyata ketika iktikaf itu dilakukan, banyak sekali keajaiban-keajaiban yang didapat. Sekarang setiap tahun selalu minta waktu 10 hari untuk iktikaf di masjid, minta ke manajemen. Jadi benar-benar HP dimatiin, jadi kayak benar-benar selesai 10 hari itu kayak manusia yang baru ngeliat dunia lagi, energinya jadi kekumpul lagi buat setahun ke depan.”

Duka Cita Ahmad Dhani atas Berpulangnya Eben Gitaris Burgerkill

Tak hanya menemukan ketenangan selama malakukan iktikaf, Rian yang memiliki rencana untuk kembali melakukan hal tersebut di sebuah masjid yang berlokasi di atas gunung, juga lebih banyak mendapatkan motivasi untuk membuat karya-karya terbarunya.

"Biasanya di satu masjid, daerahnya bukan di Jakarta, nyari ketenangan, ada masjid di atas gunung. Di sana bukan hanya iktikaf tapi banyak motivasi," ujar Rian. (ase)

DMasiv.

Soal Royalti, Rian D'Masiv: Musisi Kaya Makin Berkarya

Menurut Rian D'Masiv, hak royalti merupakan kunci agar industri musik bisa terus berjalan dengan para bisa terus berkarya.

img_title
VIVA.co.id
25 September 2021